RAKER FIKES BAHAS KKNI, SKPI & PENELITIAN

Jakarta (UNAS) – Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional Program Studi DIV Kebidanan dan Program Studi Ilmu Keperawatan baru saja melaksanakan Rapat kerja (RAKER). RAKER memiliki agenda penting yaitu membahas tentang rencana pembelajaran semester (RPS) berdasarkan Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI), SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijasah) dan pembentukan payung penelitian.

Acara ini dilaksanakan pada hari Minggu dan Senin tanggal 17 -18 Desember 2017 di Hotel Aston Anyer, Banten. Raker dihadiri oleh 21 orang dosen Fakultas Ilmu Kesehatan yang terdiri dari 15 dosen Program studi D-IV Kebidanan dan 6 dosen Program studi Ilmu Keperawatan. Ditemui di ruanganya, Dekan FIKES Dr. Retno Widowati, M.Si. menyatakan semua agenda rapat mulai dari Rancangan Pembelajaran Semester (RPS), Pembentukan payung penelitian bagi dosen-dosen Fakultas Ilmu Kesehatan, dan SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijasah) dibahas  hingga tengah malam.

Menurut Retno, raker ini sangat penting guna mensinergikan RPS yang sesuai dengan KKNI dan SKPI. “Jadi agenda yang paling penting adalah akan diberlakukannya KKNI dan semua kaitannya dengan kurikulum itu termasuk rencana pembelajaran semester kemudian juga SKPI. Itulah sebabnya kami mengadakan kegiatan ini,” imbuhnya

Untuk membahas hal tersebut, peserta RAKER dibagi menjadi empat grup dalam round table discussion yang dipimpin oleh ketua dan sekretaris  masing-masing program studi guna mempresentasikan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) dari masing-masing dosen pengampu mata kuliah. 

Retno menambahkan, KKNI tidak bisa berdiri sendiri karena ada kaitannya dengan SKPI. Sehingga, lanjutnya, harus ada kegiatan pendukung yang menunjang langsung karena berkaitan dengan kompetensi lulusan FIKES. “Upaya yang dilakukan oleh FIKES dalam mengenalkan KKNI kepada mahasiswa yaitu masuk ke masing-masing kelas dari ketua program studi, sekretaris program studi dan wakil dekan. Mekanismenya yaitu dengan presentasi mengenai informasi SKPI, menjelaskan satuan kegiatan untuk mendukung SKPI ini dan insyallah akan dilaksanakan pada Jum’at dan Sabtu ini,” ungkap dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Dr. Retno Widowati, M.Si.

Selain melangsungkan rapat kerja, FIKES juga melaksanakan Team Building yang bertujuan untuk membentuk solidaritas dan kekompakan dari seluruh dosen. “Team building sangat penting guna membangun budaya kerjasama antar dosen di lingkungan FIKES.” kata Retno.