Raih Akreditasi Unggul, FH Unas Gelar Tasyakuran

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (Unas) – Sebagai ungkapan rasa syukur atas perolehan akreditasi unggul, Program Studi Hukum Fakultas Hukum Universitas Nasional menyelenggarakan Tasyakuran pada Selasa (6/12) di Ruang Seminar Fakultas Hukum.  Acara ini turut dihadiri Dekan Fakultas Hukum Unas Prof. Dr. Basuki Rekso Wibowo, S.H., M.S., Wakil Dekan Fakultas Hukum Unas Dr. Mustakim,S.H., M.H., Ketua Program Studi Ilmu Hukum Masidin, S.H., M.H., Kepala Badan Penjaminan Mutu Unas Dr. Muhani, S.E., M.Si.M., dosen struktural di Fakultas Hukum, Kepala badan/biro dan Unit, mahasiswa serta alumni Fakultas Hukum.

“Acara tasyakuran ini sebagai bentuk ucapan syukur kita semua atas perolehan akreditasi unggul Program Studi Hukum Fakultas Hukum Universitas Nasional. Yang ini semua berkat dukungan, partisipasi, fasilitas, support semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu mulai dari pimpinan yayasan, rektorat, dekanat, kepala badan, kepala biro, mahasiswa, alumni, dan pengguna. Semua berpartisipasi aktif sejak awal penyusunan dokumen sampai pelaksanaan visitasi oleh asesor,” ujar Dekan Fakultas Hukum Unas Prof. Dr. Basuki Rekso Wibowo, S.H., M.S., dalam sambutannya pada acara tasyakuran.

Ia sangat bersyukur setelah berbagai usaha yang telah dilakukan membuahkan hasil yang maksimal. “Alhamdulillah, apa yang kita harapkan terkabul doa kita dan akreditasi unggul telah kita peroleh dan berlaku sampai tahun 2027,” kata Prof. Basuki.

Dengan predikat ini, kata Prof. Basuki, merupakan sebuah tanggung jawab yang perlu dipertahankan dan dibuktikkan oleh sivitas akademika Fakultas Hukum Unas. Selain itu, pelayanan terhadap kegiatan akademik juga perlu ditingkatkan.

“Ini sebuah tanggung jawab buat kita untuk kita pertahankan dan kita harus buktikan memang fakultas hukum unas layak diberi akreditasi unggul. Tentu banyak yang harus berubah terus meningkat terutama pelayanan kegiatan akademik pada mahasiswa,” pungkasnya.

Dosen Fakultas Hukum UNAS Dr. Drs. Tb. M. Ali Asghar, S.H., M.M, M.Si., memberikan sambutan dan ucapan selamat atas pencapaian dari Fakultas HUKUM.

Dalam kesempatan yang sama, Dosen Fakultas Hukum Dr. Drs. Tb. M. Ali Asghar, S.H., M.M, M.Si., juga bersyukur atas predikat yang diraih oleh Program Studi Hukum Fakultas Hukum. Ia juga mengatakan, bahwa perlu ada usaha yang optimal terkait tridharma perguruan tinggi dalam hal pengajaran, pengabdian kepada masyarakat dan penulisan karya tulis ilmiah.

“Oleh karena itu tentunya sebagai tim pengajar masih banyak yang perlu kita lakukan terkait tridharma perguruan tinggi dalam hal pengajaran yang belum optimal, tentang penulisan karya tulis ilmiah yang belum optimal dan juga pengabdian masyarakat yang disebar di macam daerah juga belum kita optimalkan,” pungkas Ali Asghar yang juga kepala Pusat Studi Bantuan Hukum Unas.

Kepala Badan Penjaminan Mutu Unas Dr. Muhani, S.E., M.Si.M., mengucapkan selamat atas diperolehnya akreditasi unggul oleh Program Studi Hukum Fakultas Hukum. Ia menambahkan bahwa akreditasi unggul ini menitikberatkan kepada outcome dengan menggunakan sembilan kriteria.

Kepala Badan Penjaminan Mutu Unas Dr. Muhani, S.E., M.Si.M., memberikan arahan kepada para cititas FH Unas terkait tentang akreditasi.

Pada kesempatan ini, Muhani juga menyoroti dokumen pendukung akreditasi. Menurutnya, tim akreditasi sering mengalami kesulitan saat menyusun dokumen hal itu karena kurangnya dokumentasi kegiatan yang dilakukan oleh program studi maupun fakultas. Ia pun, menyarankan kepada program studi lain agar kedepannya perlu merapikan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk akreditasi.

“Oleh karena itu, harus diingat mulai dari sekarang untuk mendokumentasikan kepada satu orang jadi ada PIC sehingga kita tidak lagi mencari-cari data,” katanya.

Acara ini pun dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh Taufiqurrahman yang kemudian makan bersama dan ramah tamah.

Sebagai Informasi, Program Studi Fakultas Hukum Unas telah meraih akreditasi ‘Unggul’ berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No.9741/SK/BAN-PT/Ak/S/XI/2022. Akreditasi ini ditetapkan pada 23 November 2022 dan berakhir pada 23 November 2027. (*DMS)

Berita Terbaru
Chat with Us!