PUSBITEB-2D Unas Teken Kerja Sama Penyusunan RPJPD dengan Pemerintah Kota Palangkaraya

Jakarta (Unas) –Pusat Studi Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan Daerah dan Desa (PUSBITEB-2D) Universitas Nasional (Unas) teken kerja sama penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Palangka Raya dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan Kota Palangka Raya, Jumat (03/03), di Exhibition Room Unas.

Ketua PUSBITEB-2D Unas, Dr. Zulmasyhur, M.Si., saat memberikan sambutan.

Ketua PUSBITEB-2D Unas, Dr. Zulmasyhur, M.Si., mengatakan, RPJPD merupakan dokumen perencaan daerah periode 20 tahun yang disusun sebagai acuan kerja bagi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat.

“Dokumen tersebut akan menjadi acuan bagi pemerintah Kota Palangka Raya dalam menyusun RPJMD guna mewujudkan pembangunan yang disepakati bersama. Dalam hal ini, PUSBITEB-2D bersinergi untuk melakukan kerja sama swa kelola dalam upaya membantu mewujudkan hal tersebut,” katanya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Kota Palangka Raya, Ir. Harry Maihadi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Kota Palangka Raya, Ir. Harry Maihadi mengatakan, sampai saat ini, pemerintah Palangka Raya telah melakukan proses pembangunan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Walaupun kualitas hidup masyarakat Kota Palangka Raya telah lebih baik, tetapi masih banyak masalah pembangunan yang harus direspon secra cepat dan tepat. Permasalahan ini menjadi tantangan baru dan memerlukan respon yang relevan dari semua pelaku pembangunan di Kota Palangka Raya,” tuturnya.

Oleh karena itu, lanjut Harry, diperlukan dokumen Perencanaan Jangka Panjang yang lebih konsisten dengan permasalahan, peluang, dan tantangan yang dihadapi di daerah wilayah Kota Palangka Raya. Penyusunan RPJPD ini bertujuan untuk memberikan arah dan acuan bagi seluruh komponen pembangunan baik pemerintah, masyarakat, maupun dunia usaha.

“Di sisi lain, kami juga membutuhkan keterlibatan pihak eksternal yang bisa membantu kami untuk mewujudkan hal tersebut dan membangun hubungan sismbiosis mutualisme. Salah satunya dengan PUSBITEB-2D Unas mengingat pusat studi ini telah banyak mencetak keberhasilan dalam melakukan kerja sama,” ucapnya.

Baca Juga :   Prodi HI Bersama AIHII Epistemic Community Gelar Seminar Jilid 2
Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabidan kepada Masyarakat dan Kerja Sama Unas, Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt., saat memberikan sambutan di acara penandatanggan Kerja sama.

Merespon hal tersebut, Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabidan kepada Masyarakat dan Kerja Sama Unas, Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt., turut menyambut baik dengan adanya kerja sama ini karena dapat meningkatkan hubungan baik antara Unas dengan pemerintahan khususnya dalam hal ini di Kota Palangka Raya.

“Semoga dengan terlaksananya kerja sama swa kelola ini dapat membuat PUSBITEB-2D Unas semakin eksis dan bisa menjaring kerja sama yang lebih luas lagi,” katanya.

Kegiatan ini juga diisi dengan penyampaian gambaran umum RPJPD Kota Palangka Raya oleh Koordinator Penyusun RPJPD Kota Palangka Raya, Kumba Digdowiseiso, S.E., M.App., Ec. Ph.D. serta diakhiri dengan penandatanganan kerja sama Penyusunan RPJPD Kota Palangka Raya oleh Ketua PUSBITEB-2D Unas dan Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Kota Palangka Raya. (NIS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!