PSSN Gandeng FBS Unas Lakukan Lokakarya Linguistik dalam Perspektif Multidisiplin

PSSN Gandeng FBS Unas Lakukan Lokakarya Linguistik dalam Perspektif Multidisiplin

Jakarta (Unas) – Pusat Studi Sosio Budaya Nusantara (PSSN) Universitas Nasional (Unas) menggandeng Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Unas lakukan lokakarya lingustik, secara onsite, di Ruang Seminar lantai 3 Unas, Selasa (27/09). Kegiatan ini membahas metode pengajaran, penelitian, dan penerapan linguistik terapan sebagai implementasi perspektif multidiplin.

Kepala PSSN Unas, Iskandarsyah Siregar, S.S., M.Hum.,saat memberikan sambutan pembuka diacara lokakarya Linguistik Perspektif Multidisiplin.

Dalam sambutannya, Kepala PSSN Unas, Iskandarsyah Siregar, S.S., M.Hum., mengatakan, penerapan linguistik terapan merupakan bukan hal yang baru dalam dunia sastra. Namun, implementasi dan penelitian mengenai hal tersebut belum banyak dilakukan.

“Rata-rata linguistik terapan atau applied linguistics hanya diketahui sebagai teori saja, padahal linguistik dapat membedah dan menjadi solusi dalam berbagai persoalan. Oleh sebab itu, pada lokakarya ini kami menyamakan persepsi mengenai linguistik terapan dan melihat bagaimana hal ini diterapkan”, ujarnya.

Hadir sebagai narasumber, Dosen dari Departement of Malaysian Languages and Applied Linguistics Faculty of Languages and Linguistics Universiti Malaya Dr. Samsur Rijal Yahaya menuturkan, linguistik dibagi menjadi dua yakni linguistik umum dan linguistik terapan. Linguistik umum terdiri dari fonologi, fonetik, mortologi, sintaksis, dan semantic. Sementara linguistik terapan merupakan linguistik umum yang digabungkan dengan satu disiplin ilmu yang lain.

Dosen dari Departement of Malaysian Languages and Applied Linguistics Faculty of Languages and Linguistics Universiti Malaya Dr. Samsur Rijal Yahaya saat memaparkan materinya Linguistik Perspektif Multidisiplin.

“Linguistik  itu terus berkembang terutama bagi linguistik terapan yang akan sangat diperlukan pada masa kini dan yang akan datang. Dalam dunia digital, linguistik terapan tersebut dapat ditemukan dalam semua bahan cetakan seperti buku dan lirik lagu, juga di media sosial seperti iklan dan musik. Karena itu, lahan linguistik terapan ini nyaris tanpa batas”, jelasnya. 

Sementara itu, Dekan FBS Unas, Dr. Somadi Sosrohadi, M.Pd. juga mengatakan, pembelajaran di FBS Unas kedepannya akan lebih banyak bersinggungan dengan multidisiplin. “Hingga saat ini pun, arah kedepannya FBS Unas akan menuju mata pembelajaran multidisiplin, juga metode penelitian multidisipliner yang dilakukan secara deskriptif kualitatif”, ucapnya. (NIS)

Baca Juga :   COMMUNICATION WEEKS 2016

 

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!