Prodi Pendidikan Profesi Bidan FIKES UNAS Sukses Gelar Pelatihan Pre & Postnatal Yoga

Jakarta (UNAS) – Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional (FIKES UNAS) sukses menggelar pelatihan Pre & Postnatal Yoga Training Theory and Practice. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Kelas 603 Lt.6, Kampus Menara UNAS 2 Jalan RM Hasono, Ragunan Jakarta Selatan, 27 dan 28 Mei 2024.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Profesi Bidan kepada mahasiswa tingkat akhir sebanyak 47 mahasiswa Pendidikan Profesi Bidan. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan FIKES UNAS, Prof. Dr. Dra. Retno Widowati, M.Si., Wakil Dekan FIKES UNAS, Dr. Rukmaini, SST., M.Keb., Sekretaris Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, Dr. Triana Indrayani, S.ST., M.Kes, Ketua Program Studi Magister Kebidanan, Dr. Vivi Silawati, S.ST., S.KM., M.KM. dan Dosen Sarjana Kebidanan dan Profesi Bidan, Febry Mutiariami Dahlan, S.ST., Bdn., M.Keb,

Adapun Trainer yang hadir dalam kegiatan ini Dr. Teni Nurlatifah HR., S.ST., M.Keb., dan Facilitator, Diyan Nosi Antika, S.St.,CI,RYT.,RPYT. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah mahasiswa Pendidikan Profesi Bidan dan juga mahasiswa Sarjana Kebidanan dan kegiatan ini tidak dipungut biaya oleh FIKES.

Saat para peserta mahasiswa profesi Bidan  melakukan tahap pertama dalam Training Theory and Practice.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih bidan agar kompeten dalam memberikan yoga prenatal dan postnatal, sehingga dapat mempersiapkan ibu hamil lebih rileks, kuat dan fleksibel otot, tulang, sendi dan syaraf ibu hamil serta mengoptimalkan posisi bayi saat akan dilahirkan. Pelatihan ini menjadi sorotan utama di kalangan mahasiswa dan staf akademik.

Kemudian, dalam pelatihan ini memberikan serangkaian materi yang sangat berharga bagi peserta pelatihan, termasuk manfaat prenatal yoga, pose yoga jelang persalinan, partner pose, manajemen kelas prenatal yoga, dan modifikasi yang relevan.

Peserta yang hadir tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis, namun juga berkesempatan untuk mempraktikkan teknik-teknik yang diajarkan secara langsung. Maka dari itu, hal ini memungkinkan peserta untuk mengasah keterampilan dalam memberikan dukungan dan perawatan holistic bagi ibu  hamil dan pasca melahirkan melalui yoga.

Baca Juga :   Eksplorasi Tumbuhan Yang Berkhasiat Untuk Obat, Peneliti Unas Lakukan Kegiatan Bioprospeksi

Dalam sambutannya, Dekan FIKES UNAS Prof. Dr. Dra. Retno Widowati, M.Si., menyatakan kebangaannya atas antusiasme dan partisipasi yang tinggi dalam kegiatan ini. Ia menekankan bahwa pelatihan ini memberikan landasan yang kuat bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Bidan untuk menjadi bidan yang lebih kompeten dan memahami pentingnya integrasi praktik yoga dalam perawatan kehamilan dan persalinan.

“Semoga kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan di FIKES UNAS, tetapi juga memberikan kontribusi yang berarti terhadap perawatan kesehatan ibu dan bayi di masa depan,” ucap Prof. Dr. Dra. Retno Widowati, M.Si.,

Sementara itu, terdapat salah satu peserta, Nana Silvana, menyampaikan kesan dan pesan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat, terutama bagi masyarakat yang berasal dari daerah yang dimana yoga jarang dilakukan. Nana merencanakan bahwa ia akan membagikan pengetahuan yang didapat kepada pasien di daerahnya yang belum pernah mengikuti yoga.

Dengan kesuksesan pelatihan ini yang ditutup oleh DEKAN FIKES UNAS Prof. Dr. Dra. Retno Widowati, M.Si., diharapkan bahwa ilmu yang didapatkan oleh peserta akan dijalankan dengan baik dalam praktek peserta di lapangan, meningkatkan kesehatan ibu dan bayi serta memperluas pemahaman tentang pentingnya yoga dalam perawatan kehamilan dan persalinan di seluruh Indonesia. (SAF)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!