Prodi Magister AP Adakan Bedah Buku, Kritisi Kebijakan Pemerintah di Era Covid-19

Jakarta (Unas) – Program Studi Magister Administrasi Publik Fisip Unas mengadakan bedah buku karya Dr. Chazali Husni Situmorang, Apt., M.Si. selaku Dosen Fisip Unas dengan judul buku “Catatan Kritis Penyelenggaraan Negara di Era Covid-19” pada Jumat, 21 Juli 2023 di Ruang Seminar Lt. 3 Menara Unas. Secara keseluruhan buku ini membahas mengenai kebijakan penyelenggaraan negara dan kebijakan perlindungan sosial pasca Covid-19.

“Buku ini adalah kumpulan tulisan saya yang saya bagi kedua cluster, cluster pertama tentang kebijakan publik, kebijakan pemerintahan, kebijakan negara secara umum yang dilakukan pada masa Covid-19 karena pada masa Covid itu banyak kebijakan-kebijakan yang bermasalah,” ujar Chazali dalam pengantarnya pada acara bedah buku.

Ia melanjutkan, kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dirasa tidak sesuai dengan kaidah-kaidah dan teori yang berlaku pada kebijakan publik. “Sehingga saya pikir ini perlu kita kritisi sehingga ini nanti bisa menjadi bahan diskusi para mahasiswa yang belajar di administrasi publik,” katanya.

“Kemudian kita lihat bagaimana berbagai kebijakan-kebijakan publik itu dilakukan sehingga ini menimbulkan polemik seharusnya memang kebijakan publik itu kan sesuatu yang memang kesepakatan bersama,” lanjut Chazali yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional periode 2010 – 2015

Chazali mengatakan pada cluster kedua di buku yang Ia tulis, Chazali menyoroti tentang social protection dan social security dalam masa covid-19. Ia juga membahas mengenai isu PCR yang dikuasai oleh penguasa dan pengusaha.

“Jadi ini lah yang kami tulis saya mengambil dari berbagai sumber banyak dari sumber-sumber media sosial dan juga media elektronik saya ambil isunya dan elaborasi ke dalam analisis saya dalam bentuk tulisan singkat ini, Sehingga ini diharapkan menjadi bagian bacaan yang bermanfaat terutama untuk kalangan menengah ke atas dan kebawah,” jelasnya.

Baca Juga :   PPI UNAS TERIMA HIBAH UNTUK PROGRAM INTEGRASI ISLAM DAN LINGKUNGAN

Dalam acara ini, turut mengundang para pengulas diantaranya Ketua Program Studi Doktoral Ilmu Politik Pascasarjana Unas Dr. T.B. Massa Djafar, M.Si., Guru Besar Sosiologi FISIP Unas Prof. Dr. Aris Munandar, M.Si. dan Ketua Program Studi Magister Administrasi Publik Pascasarjana Drs. Rusman Ghazali, M.Si., Ph.D. serta dimoderatori oleh Dosen Prodi Administrasi Publik Unas Wahyu Triono C.S., S.Pd., M.AP.

Turut hadir juga dalam acara ini yaitu Sekretaris Program Studi Doktoral Ilmu Politik Pascasarjana Unas Dr. Eddy Guridno, S.E., M.Si.M., Dosen Program Studi Administrasi Publik Aberar Guridno, M. AP. serta para mahasiswa/i dari program pascasarjana dan program sarjana Fisip Unas. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!