Prodi Ilmu Komunikasi Unas dan Pemerintah Kab Kuningan Jalin Kerja Sama Terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi

Jakarta (Unas) – Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nasional (Unas) jalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal ini tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan antara Wakil Dekan FISIP dan Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, di Ruang Rapat Linggajati, Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan, Selasa (07/02).
 
Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unas, Drs. Adi Prakosa, M.Si., mengatakan, kerja sama ini dilakukan dalam upaya mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada kesempatan ini, kegiatan diadakan dengan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) secara kolaboratif antara dosen dan mahasiswa. 
 
“Kami ingin melihat potensi apa yang ada di Kabupaten Kuningan, serta mengerahkan dosen dan mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat dan mempraktikkan teori yang salama ini didapatkan selama proses belajar mengajar,” ujarnya. 
 
Adi berharap, seluruh temuan para dosen dan mahasiswa di lapangan dapat memberikan manfaat yang besar bagi pembagunan Kabupaten Kuningan, khususnya di bidang pemasaran dan komunikasi.
 
Penandatanggan Kerjasama antara Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Nasional dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan yang dilakukan oleh Kaprodi Ilkom Drs. Adi Prakosa, M.Si., dan disaksikan oleh Wakil Dekan dan Pejabat Daerah Kuningan.

“Dengan adanya kerja sama ini, kami juga berharap kegiatan ini dapat berlanjut dan bisa memberikan hasil yang saling menguntungkan diantara Unas dengan Pemda Kabupaten Kuningan,” katanya. 

 
Sementara itu, Bupati Kuningan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si. mengatakan, dalam upaya menuntaskan persoalan daerah, perlu adanya kolaborasi penta helix baik dari unsur pemerintah, akademisi, komunitas, media, dan lain-lain. 
 
“Oleh sebab itu, adanya kerja sama dengan Unas kami harap bisa membantu percepatan pembangunan di Kabupaten Kuningan,” tuturnya. Dian melanjutkan, dengan adanya berbagai keunggulan yang dimiliki seperti SDM, perangkat kelembagaan, serta kemampuan membuat riset dan kajian, perguruan tinggi dapat menjadi salah satu agen penggerak pembangunan di sebuah daerah dan masyarakat. 
 
Ia berharap, dosen dan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Unas juga dapat membantu memperkuat sektor-sektor unggulan yang menjadi kebanggan Kabupaten Kuningan, serta meningkatkan kualitas SDM di bidang pariwisata dan pemasaran. 
 
Dalam kesempatan yang sama, Dekan FISIP yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Administrasi Umum FISIP, Dr. Aos Yuli Firdaus, S.IP., M.Si., mengatakan, kegiatan ini juga merupakan bentuk promosi Unas khususnya bagi Prodi Ilmu Komunikasi, agar dapat dikenal oleh masyarakat Kabupaten Kuningan. 
 
“Selain melakukan penelitian dan pengabdian, kami juga sekaligus mempromosikan universitas, fakultas, dan Prodi Ilmu Komunikasi kepada masyarakat. Kami membuka pintu selebar-lebarnya bagi instansi maupun institusi yang ingin melakukan kerja sama,” pungkasnya. 
 
Program Penelitian dan PKM kolaborasi ini dilakukan di tiga desa di Kabupaten Kuningan, yakni Desa Cikaso Kecamatan Kramatmulya, Desa Cibuntu Kecamatan Pasawahan, dan Desa Cikadu Kecamatan Nusaherang. 
 
Di sisi lain, bersamaan dengan MoU tersebut, FISIP juga melakukan Memorandum of Agreement (MoA) Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Kuningan terkait kerja sama dalam peningkatan di bidang pemulihan ekonomi dan pengembangan pariwisata, kebudayaan, dan ekonomi kreatif, bidang manajemen kesehatan, bidang pengelolaan lingkungan hidup, serta bidang manajemen perkotaan. 
 
Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Dr. H. Toto Toharudin, Kepala Bagian Tata Pemerintahan, H. Toni Kusumanto, A.P., M.Si., Sekretaris Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Unas, Nursatyo, M.Si. serta para dosen dan mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Unas.
Bagikan :
Baca Juga :   Peringati HUT RI, UNAS Kembali Ringankan Biaya Kuliah Bagi Mahasiswa Terdampak Pandemi
Berita Terbaru
Pengumuman

Informasi Pengambilan KTM

  PENGUMUMAN Disampaikan Kepada Mahasiswa Angkatan 2022 Yang Masuk Pada Semester Ganjil Maupun Genap Dan Mahasiswa Angkatan 2023 Semester Ganjil.

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!