Prodi Biologi Gelar Raker Bahas Program Akademik Tahun 2023

Jakarta (Unas) – Program studi Biologi menggelar rapat kerja (Raker) membahas program-program akademik tahun 2023. Program tersebut diantaranya progres kurikulum dan MBKM, peraturan akademik, panduan penelitian & pengabdian prodi, APPSTA, karil dan skripsi jalur publikasi.

Acara yang dilaksanakan pada Senin-Rabu (21-23/8) di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta ini turut diikuti oleh Wakil Rektor Unas Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt., Guru Besar Prodi Biologi Prof. Dedy Darnaedi, Dekan Fakultas Biologi dan Pertanian Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si., Wakil Dekan Prof. Dr. Dra. Sri Endarti Rahayu, M.Si., Ketua Program Studi Magister Biologi Pascasarjana Dr. Fitriah Basalamah, M.Si., Ketua Program Studi Biologi Dra. Noverita, M.Si. serta para dosen dilingkungan Prodi Biologi.

Dekan Fakultas Biologi dan Pertanian Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si. dalam pengarahannya mengatakan dalam raker ini mengambil tema ‘Semangat, berinovasi Biologi Tetap Unggul’ supaya memotivasi seluruh sivitas Biologi untuk terus berinovasi agar akreditasi prodi tetap pada unggul.

Ia melanjutkan, pada raker ini juga akan digambarkan kondisi prodi Biologi saat ini dan apa yang harus dikerjakan dengan situasi yang ada. Menurutnya raker ini menjadi momentum untuk menyatukan pikiran melalui saran-saran yang diberikan dari para dosen sehingga prodi Biologi tetap eksis dan bisa mempertahankan akreditasi saat ini.

“Meskipun sudah akreditasi Unggul namun masih ada yang perlu diperbaiki dan perlu dimaksimalkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Biologi Dra. Noverita, M.Si. mengharapkan kerjasama seluruh sivitas untuk kemajuan prodi Biologi. Ia mengharapkan pula pelaksanaan Raker dapat berjalan dengan lancar.

Rapat kerja kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan pemaparan program-program yang dibahas. Rapat kerja nampak berjalan dengan lancar dan para dosen aktif memberikan masukan terkait program yang dibahas.

Pengabdian Kepada Masyarakat

Selain melakukan Raker, Prodi Biologi juga melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kepada siswa-siswi SMA Negeri 69 Jakarta yang bekerja sama dengan Smiling Coral Indonesia pada Rabu, (23/8) . Adapun kegiatan PKM yang dilakukan yaitu Pelatihan Penanaman Mangrove dan Transplantasi Karang di Area Kemitraan Konservasi, di Pulau Pramuka.

Baca Juga :   Unas Gandeng Pemerintah Kabupaten Anambas, Kembangkan Ekowisata Berbasis Penguatan Komunitas Adat Maritim

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan acara oleh Guru Besar FBP Prof. Dedy Darnaedi dilanjutkan dengan sambutan Dekan FBP Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si. dan pengenalan tentang Smiling Coral Indonesia oleh Founder and Director Smiling Coral Indonesia Hermansyah, S.Si.

Acara kemudian dilanjutkan dengan terjun ke lapangan dengan para dosen dan siswa-siswi dan untuk menanam mangrove dan transplantasi karang yang dipandu oleh Hermansyah, S.Si.

Salah satu Guru SMAN 69 Jakarta yang ikut mendampingi siswa-siswi Febrian Ardiansyah, S.Pd. mengatakan kegiatan penanaman mangrove dan transplantasi karang sangat bermanfaat untuk para siswa-siswi dan juga wisatawan karena itu salah satu daya tarik wisata di pulau Pramuka ini. Ia pun mengapresiasi kegiatan PKM ini dan berharap kegiatan ini akan terus berlanjut kedepannya.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Prodi Biologi Unas khususnya kepada bapak ibu dosen semoga kegiatan ini dapat berlanjut dalam upaya memperbaiki terumbu karang dan dan melindungi pesisir dari erosi,” katanya. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!