Prodi Administrasi Publik Lakukan Kegiatan Desa Binaan di Desa Banyukuning, Kabupaten Semarang.

Jakarta (Unas) – Program Studi Administrasi Publik dan Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (Himapublik) menyelenggarakan kegiatan Desa Binaan di Desa Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, pada 9 s.d. 12 Maret 2023. Kegiatan ini bertajuk ‘Pemberdayaan Masyarakat Menuju Desa Tangguh Bencana’ mengingat adanya potensi bencana yang mungkin terjadi disepanjang tahun 2023 di Indonesia.

Ketua Program Studi Administrasi Publik Dr. Mary Ismowati, M.Si., mengatakan, program rutin ini bertujuan memberikan pengalaman belajar di luar perguruan tinggi melalui interaksi langsung dengan masyarakat desa. “Hal ini dilakukan dalam kaitannya dengan implementasi MBKM dan Pegabdian Kepada Masyarakat, serta berkaitan dengan Mata Kuliah Manajemen Bencana,” katanya.

Mary melanjutkan, rangkaian Desa Binaan 2023 diisi oleh beberapa kegiatan yakni sosialisasi mitigasi bencana, aksi penanaman pohon, simulasi respon bencana, hingga bakti sosial bagi bagi Warga Desa Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Sekretaris Program Studi Administrasi Publik Dr. (C) Angga Sulaiman, S.IP., M.AP, memberikan sertifikat kepada Bupati Semarang, H. Ngesti Nugraha, S.H., M.H., di Pendopo Rumah Dinasnya.

Di samping itu, para perangkat desa dan Bupati Semarang turut menyambut baik dan mengapresiasi atas terlaksananya pemberdayaan masyarakat di desa di Kabupaten Semarang.

“Kami sangat menyambut baik dan mengapresiasi kedatangan dosen dan mahasiswa Program Studi Administrasi Publik Unas untuk melakukan kegiatan Desa Binaan di Desa Banyukuning mengingat desa ini memiliki potensi besar terjadinya bencana alam karena letak geografisnnya di daerah pegunungan,” ujar Bupati Semarang, H. Ngesti Nugraha, S.H., M.H., dalam sambutannya, di Pendopo Rumah Dinas, Jumat (10/03).

Sementara itu, kegiatan juga dilanjutkan dengan penandatangan Perjanjian Kerjasama antara Program Studi Administrasi Publik FISIP UNAS dengan Pemerintah Desa Banyukuning yang disaksikan langsung oleh Bupati Semarang, Sekda dan Kepala BPBD Kabupaten Semarang.

Adapun rangkaian kegiatan ini diawali dengan Pengantar Kegiatan Desa Binaan 2023 dari Sekretaris Program Studi Administrasi Publik Dr. (C) Angga Sulaiman, S.IP., M.AP, dilanjutkan dengan ucapan terima kasih dari Ketua Program Studi, Dr. Mary Ismowati, M.Si, sambutan dari Bupati Semarang H. Ngesti Nugraha, S.H., M.H, serta diakhiri sesi foto bersama.

Baca Juga :   Cerita Akbar Zainudin Si Penulis ‘Man Jadda Wa Jada’ Tentang UNAS

Turut hadir dalam kegiatan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Semarang, Drs. Djarot Supriyoto, M.M., Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Ka. BPBD) Kabupaten Semarang Juwair Suntara, S.ST., serta Kepala Desa (Kades) Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang Setyo Utomo, S.E.

Kegiatan Desa Binaan 2023 ini diikuti oleh 40 mahasiswa sebagai peserta dan dosen Program Studi Administrasi Publik sebagai pendamping yakni Achmad Firdaus, S.IP., M.AP dan Aberar Guridno, M.AP., dan Kepala Tata Usaha FISIP Achmad Bustomi, S.H.

Sementara itu, hadir juga dalam kegiatan pimpinan fakultas yang diwakili oleh Ketua Unit Penjaminan Mutu (UPM) Dr. Jeanne Noveline Tedja, S.IP., M.Kesos dan Ketua Unit Penelitian Cyntia Dewi Anggraini, S.I.Kom., M.I.Kom.(Himapublik/NIS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!