PPI Unas menyelenggarakan Eksplorasi Fauna di Lingkungan Pesantren Sebagai Penguatan Program Ekopesantren

Jakarta (Unas) – Pusat Pengajian Islam (PPI) Universitas Nasional (Unas) bekerjasama dengan Yayasan Kehati lakukan eksplorasi fauna di lingkungan Pesantren Kun Karima, Pandeglang, pada Selasa (10/10). Kegiatan ini dilibatkan empat mahasiswa Biologi ialah, Muhammad Islah Ramadhan, Mohammad Azriel, Christian Flo, Hariz Zakian yang merupakan lulusan tahun 2023.

 Pengasuh Pondok Pesantren Kun Karima KH. Sholeh, S.Ag., M.M. mengatakan,  kegiatan ini merupakan acara pertama kali diadakan di Ponpes Kun Karima, jadi kegiatan ini sangat bermanfaat sekali untuk mengembangkan ekosistem yang ada di sekitaran Ponpes Kun Karima.

“Tujuan kegiatan ini melakukan pelatihan dan pengamatan keanekaragaman hayati bagi santri di pesantren serta merancang media edukasi yang menarik bagi para guru dan santri mengenai keanekaragaman hayati di lingkungan pesantren,” kata Pengasuh Pondok Pesantren Kun Karima KH. Sholeh, S.Ag., M.M. dalam sambutannya.

Ia melanjutkan, melalui kegiatan ini, “saya berharap dapat membantu pondok pesantren untuk dapat lebih maksimal dalam aksi-aksi lingkungan dan mendukung program Ekopesantren yang sedang berjalan, sekaligus dapat mengetahui jenis keanekaragaman hayati sebagai media edukasi bagi para santri,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Taufik juga menuturkan Dalam mendukung program tersebut, PPI UNAS bekerjasama dengan Biodiversiti Warior (BW) Yayasan Kehati dan Fakultas Biologi Universitas Nasional berencana untuk membantu menginventarisasi biodiversiti yang ada di pesantren dan sekitarnya. Sekaligus menjadi upaya PPI UNAS untuk dapat mensupport pondok pesantren dalam upaya edukasi lingkungan yang akan dan sudah dilaksanakan di lingkungan pesantren.

“PPI UNAS memiliki jejaring Ekopesantren yang tersebar di daerah perkotaan dan kawasan pinggir hutan di Sumatera dan Jawa. Dalam 10 program Ekopesantren yang sedang berjalan, salah satunya adalah pengetahuan mengenai keanekaragaman hayati, seperti flora fauna,” kata Taufik dalam sambutannya.

Baca Juga :   Universitas Nasional - Bank Syariah Mandiri Luncurkan Co-Branding Kartu Mahasiswa

Target peserta adalah santri-santri dari Pondok Pesantren Kun Karima La Tansa 3 dari tingkat MTs maupun Aliyah serta tim lingkungan dan juga termasuk dengan perwakilan dari beberapa pondok pesantren dari jejaring Ekopesantren ialah, PP Daar el Falaah Pandeglang, PP Al Mubarok Serang, PP Nur el Falah Serang, PP Daar el Istiqomah Serang dan PP Busthaniyah Cilegon. (*REZ)

 

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!