PPI UNAS Bergabung dalam Aliansi Ummah for Earth

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
PPI UNAS dan Ummah for Earth

Jakarta (UNAS) – Melansir dari situs PPI UNAS (Pusat Pengajian Islam Universitas Nasional), Senin (13/12/2021) PPI UNAS telah menandatangani MoU untuk bergabung dalam aliansi Ummah for Earth. Ummah for Earth adalah aliansi global gerakan umat Muslim dalam hal melakukan aksi nyata mengatasi dampak perubahan iklim melalui eksplorasi ajaran Islam.

Bergabungnya PPI UNAS dalam aliansi Ummah for Earth tidak lepas dari peranan Dr. Fachruddin Mangunjaya, M.Si., selaku Ketua PPI UNAS. Sekaligus ia sebagai dosen S1 dan S2 Biologi UNAS serta ilmuwan dibidang Islam dan lingkungan. Antara lain banyak terlibat dalam kegiatan isu-isu alam, perubahan iklim, dan konservasi lingkungan. Seperti tahun 2015, Fachruddin terlibat dalam perumusan deklarasi umat Islam untuk perubahan iklim.

Yesi Maryam selaku staf PPI UNAS menuturkan reputasi Fachruddin tersebut menjadi salah satu alasan Ummah for Earth mengajak PPI UNAS untuk bergabung. “Karena reputasinya sudah panjang seperti itu, ketika Ummah for Earth mulai bergerak dan tahun 2021 aliansi ini menawarkan kepada PPI apakah mau menjadi bagian dari gerakan ini,” jelasnya selaku com officer kerjasama antara PPI UNAS dan Ummah for Earth.

Penandatanganan dilakukan secara daring antara pihak PPI UNAS oleh Dr. Fachruddin Mangunjaya, M.Si., dan pihak Greenpeace MENA oleh Ghiwa Nakat Executive Director Greenpeace MENA.

Dengan bergabungnya dalam aliansi global ini tentu turut membawa nama UNAS semakin dikenal dikancah internasional. Selain itu, PPI UNAS masih menjadi satu-satunya lembaga di bawah universitas di Indonesia yang terlibat dalam aliansi ini.

Saat diwawancarai oleh tim Humas UNAS, Yesi menyampaikan bahwa PPI UNAS bergabung dalam aliansi Ummah for Earth ini berlangsung sejak Desember 2021 hingga Desember 2022. Dari kerjasama ini juga diharapkan dapat melibatkan peran aktif mahasiswa.

“Untuk keterlibatan mahasiswa kami memang masih merancangnya. Pasti itu bisa dilibatkan karena dalam proyek Ummah for Earth ini ada tiga proyek besar,” ujar Yesi saat wawancara melalui telepon, Rabu (29/12/2021).

Ketiga proyek tersebut yaitu Green Ramadhan, Green Hajj, dan Eco Masjid. Setiap proyek ini memiliki tujuan yang sama yaitu mengedepankan ramah lingkungan. (*ARS)

Berita Terbaru
Chat with Us!