Permudah Proses Bimbingan Tugas Akhir, FEB Kenalkan Aplikasi APPSTA Kepada Dosen dan Mahasiswa

Jakarta (UNAS) – Sejak terjadinya pandemi covid-19 semua aktivitas dilakukan secara daring tak terkecuali proses belajar mengajar. Begitu pun dengan proses bimbingan tugas akhir, semua mahasiswa melakukan bimbingan dengan dosen melalui online seperti mengirim tugas akhir melalui email, melakukan zoom meeting dengan dosen, atau mengirim paper tugas akhir ke rumah melalui jasa kirim barang.

Belum lagi, catatan jejak bimbingan yang masih menggunakan manual dengan mengisi form sehingga terdapat kemungkinan form tersebut hilang. Untuk itu, sebagai sarana untuk mempermudah dosen dan mahasiswa dalam melakukan bimbingan tugas akhir, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional (FEB Unas) mengenalkan aplikasi tugas akhir APPSTA. Aplikasi ini mulai dikenalkan kepada para mahasiswa dan dosen di tahun akademik 2021/2022 dan akan digunakan oleh para dosen dan mahasiswa pada proses tugas akhir di semester ganjil.

“Pada hari ini fakultas ekonomi dan bisnis mengadakan sosialisasi kaitannya dengan program aplikasi sistem informasi tugas akhir yang akan digunakan mahasiswa-mahasiswi di 3 prodi yaitu manajemen, akuntansi, dan pariwisata,” ujar Wakil Dekan FEB Dr. Rahayu Lestari, S.E., M.M. saat ditemui setelah acara, pada Jumat (8/10) di ruang laboratorium FEB.

Ia menambahkan bahwa, selain proses bimbingan untuk skripsi aplikasi ini juga digunakan untuk proses tugas akhir lain seperti publikasi atau jurnal. Dalam aplikasi ini, mahasiswa dapat mengupload paper tugas akhir serta dapat melihat koreksi yang diberikan oleh dosen pembimbing.

Selain itu, mahasiswa juga dapat melihat siapa dosen pembimbing yang ditunjuk oleh program studi, mengajukan proposal serta mengajukan tanggal seminar proposal atau sidang tugas akhir. Kemudian, jejak bimbingan antara dosen dan mahasiswa tetap terekam di aplikasi ini.

“Sehingga dosen dan mahasiswa dapat melihat kembali apa saja yang telah direvisi dan apa saja yang telah diperbaiki dan tidak perlu menggunakan kartu bimbingan karena sudah ada jejaknya di Appsta. dari mulai proses pemilihan dosen pembimbing kemudian proses mengetahui siapa nama dosen pembimbing yang ditentukan oleh program studi sampai proses berikutnya masuk proses bimbingan dengan dosen yang ditentukan program studi sampai proses selesai mengikuti seminar proposal dan tahapan ujian skripsi termasuk menu-menu nya kemudian tata cara kemudian time primenya  dari masing-masing prodi yang ditentukan fakultas semuanya ada di menu tersebut,” katanya.

Pada proses sosialisasi ini, para dosen diberikan edukasi bagaimana menggunakan aplikasi ini, mulai dari mengakses web UNAS kemudian, memilih menu Appsta dan login menggunakan akun dari masing-masing dosen.

“Jadi appsta merupakan proses menu yang akan menjadi sarana proses berjalannya bimbingan para mahasiswa dengan dosen pembimbing atau sebaliknya dimana menu tersebut di dalamnya sudah mengakomodir dan sudah memfasilitasi yanga awalnya dilakukan secara tatap muka atau offline berikutnya bisa melalui online dengan menu tersebut,” jelas Rahayu.

Pada hari sebelumnya, sosialisasi Apssta telah dikenalkan kepada mahasiswa FEB yang mengambil tugas akhir di semester ganjil tahun akademik 2021/2022 secara daring.  Pengenalan aplikasi tersebut dilakukan oleh Kepala Bidang Internal & Eksternal Service Badan Pengelola Sistem Informasi UNAS Sutikman, S.T., M.Kom. dengan didampingi oleh Wakil Dekan FEB Dr. Rahayu Lestari, S.E., M.M.

Aplikasi ini, nantinya akan digunakan oleh semua fakultas yang ada di Universitas Nasional untuk proses bimbingan tugas akhir dosen dan mahasiswa. (*DMS)