Perkuat Hubungan dengan Alumni, FTKI Langsungkan Kegiatan Alumni Talks Series Pertama

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Perkuat Hubungan dengan Alumni

Jakarta (Unas) – Fakultas Teknologi, Komunikasi, dan Informatika (FTKI) Universitas Nasional (Unas) melangsungkan kegiatan Alumni Talks Series #1, secara daring dan luring di Menara Unas, Ragunan, pada Sabtu (06/08). Dalam sambutannya, Dekan FTKI Unas, Dr. Septi Andriana, S.Kom., MMSI., mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan FTKI Unas dengan para alumni.

Alumni Talks series ini diadakan untuk mempererat silaturahmi fakultas, program studi, alumni, dan mahasiswa yang diisi dengan sharing pengalaman dan kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan secara rutin. Kami juga berharap melalui kegiatan ini kontribusi para alumni diharapkan bisa terus berkelanjutan demi kemajuan FTKI Unas”, ujar Septi.

Dr. Septi Andriana, S.Kom., MMSI., saat memberikan sambutan diacara Alumni Talks Series #1.

Kegiatan ini diisi dengan pemaparan materi mengenai tips mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja yang disampaikan oleh para alumni FTKI Unas. Adapun alumni tersebut ialah Marcelinus Advent Adonura Nusa, S.T., M.T.,  selaku Solution Architect Senior Engineer PT Aplikasinusa Lintasarta, Lingga Alvianto, S.Si.,  selaku JR Analyst Strategic PT Patra Badak Arun Solusi, serta Panjiy Purtiasmawan, S.T., selaku Wireless Network Optimization PT Fiberhome Technologies.

Sesi tersebut dipandu oleh moderator yang juga alumni FTKI Unas, yakni M. Alwi Saepul Zaman, S.Kom. selaku Database Engineer PT FirstWAP International, dan Devi Eriska, S.Kom., selaku Hardware Programmer PT Nutech Integrasi.

Dalam pemaparannya, Marcelinus Advent Adonura Nusa, S.T., M.T., mengatakan bahwa dalam mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia kerja, mahasiswa harus memiliki keterampilan yang dibuktikan melalui sertifikasi.

“Ijazah dan IPK saja tidak cukup untuk bersaing di dunia kerja. Mahasiswa harus memiliki nilai jual berupa keterampilan yang dilampirkan melalui sertifikat-sertifikat. Tak hanya itu, kemampuann berupa basic concept of technology juga penting dimiliki oleh lulusan FTKI”,  kata Marcel.

Senada dengan hal tersebut, Panjiy Purtiasmawan, S.T.,  juga menuturkan bahwa mahasiswa harus memiliki dua keahlian penting berupa learning agility dan data analysis ability.  Learning agility merupakan kemampuan fast learning dan fast adapt to new thing yang berarti kempuan belajar dan beradaptasi dengan hal baru secara cepat.

“Selain itu juga data analysis ability berupa get insight from available data dan formulating data into solution or action. Hal ini berarti mahasiswa harus bisa memiliki wawasan dari data yang tersedia, serta dapat merumuskan data menjadi solusi atau tindakan”,  tegasnya.

Sementara itu, Lingga Alvianto, S.Si. mengatakan bahwa dalam mempersiapkan diri ke dunia pekerjaan,  mahasiswa juga harus memiliki resume atau curriculum vitae (CV) yang baik dan bisa menarik HR perusahaan. “Untuk membuat CV yang menarik, tulislah kelebihan yang bisa menjadi nilai jual kalian, serta gunakan desain yang simple dan tidak bertele-tele. Hindari warna dan gambar yang terlalu bervariasi, serta buatlah CV secara jujur”,  jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Ikatan Alumni FTKI Unas periode 2022-2025, Adithya Cahyadi mengatakan, Ikatan Alumni ini merupakan wadah berkomunikasi, saling bertukar pikiran, dan berbisnis bersama bagi seluruh civitas akademika FTKI Unas.

“Setelah terbentuknya Ikatan Alumni ini, kami sudah membuat beberapa bidang untuk pelaksanaan program kerja kedepannya meliputi keanggoataan alumni dalam tracing dan pendataan alumni, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan career center, juga kerjasama dan kemitraan yang nanti dapat berkolaborasi dengan himpunan, ikatan alumni sesama Unas, dan antaralumni”, ucapnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus Ikatan Alumni FTKI Unas Periode 2022-2025 yang dipandu oleh Ketua Unit Alumni dan Tracer Study, Agus Iskandar, S.Kom., M.Kom. Turut hadir dalam kegiatan tersebut para dosen FTKI Unas, serta alumni dari berbagai angkatan yang telah tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. (NIS)

Berita Terbaru
Chat with Us!