Sambangi Unas, Sandiaga Uno Ajak Mahasiswa Berwirausaha di Bidang Pertanian

Jakarta (Unas) – Pengusaha dan Politikus Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menyambangi kampus Universitas Nasional (Unas), Jakarta, Rabu (10/7). Ia mengajak para mahasiswa untuk berwirausaha di bidang pertanian.

“Kita ingin mendorong anak-anak muda milenial terutama dari Unas untuk berkomitmen dan berjiwa semangat masuk ke sektor pertanian. Saat ini milenial jarang sekali, saya pikir mereka bisa memanfaatkan ini sebagai ladang usaha,” ujarnya dalam Talkshow Kewirausahaan Nasional 2019 di Unas, Rabu (10/7).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, sektor pertanian saat ini hampir didominasi oleh petani usia lanjut. Menurutnya, ini merupakan peluang yang besar bagi milenial untuk ikut terjun didalam sektor tersebut karena saat ini didukung oleh teknologi yang semakin canggih.

“Teknologi sudah semakin mudah dan anak muda pasti bisa memanfaatkan ini semua. Sekarang sudah ada digital farming, urban farming, misalnya. Mahasiswa juga perlu mengambil dan menciptakan peluang di depan mata terutama di sektor pertanian yang masih sedikit,” katanya.

Selain itu, mahasiswa sebagai agent of change juga perlu memiliki kemampuan berinovasi untuk bersaing di tengah masyarakat. Sandiaga yakin, dengan terjunnya mahasiswa ke sektor pertanian dapat melahirkan pemikiran-pemikiran yang kreatif dan semakin terdepan.

“Negara kita ini punya potensi yang sangat besar, sekarang semangat anak mudalah yang sangat diperlukan untuk membangkitkan bangsa ini terutama di sektor pertanian dan usaha. Saya berharap dari kesempatan ini Indonesia bisa swasembada pangan, harga-harga stabil, dan lapangan lebih terbuka,” tutupnya. #RIN