Peringati Maulid Nabi, HIMMASTA Ajak Civitas Akademika Unas Teladani Akhlak Rasulullah SAW

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (Unas) – LDK Himpunan Mahasiswa Masjid Sutan Takdir Alisjahbana (HIMMASTA) Nurul ‘Ilmi Universitas Nasional (Unas) menggelar kajian dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah, pada Senin (25/10). Bertajuk ‘Unas Bersholawat’, melalui kegiatan ini HIMMASTA mengajak civitas akademika Unas untuk meneladani akhlak Rasulullah SAW.

Bertempat di Masjid Sutan Takdir Alisjahbana Unas, kegiatan ini dihadiri oleh Ustadz Abdurahman Jaelani dan Ustadz Ferry Nur sebagai penceramah. Adapun isi ceramah yang diberikan yakni anjuran mengikuti sunnah Rasulullah SAW. dan meneladani sifat-sifatnya.

Dalam penyampaiannya, Ustadz Abdurahman Jaelani mengatakan, Nabi Muhammad SAW memiliki jasa yang besar dalam sejarah umat Islam di dunia. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya bagi seluruh umat Islam untuk selalu mengenangnya dan berusaha untuk mengamalkan apa yang diajarkan.

“Beliaulah yang menuntun seluruh umat manusia menuju jalan yang terang benderang dan selalu disinari dengan cahaya islam. Karena Beliaulah juga seluruh umat manusia yang ada di bumi ini selamat dari kehancuran dan terciptalah aturan Islam yang penuh keharmonisan, persaudaraan dan keseimbangan,” tuturnya.

Ia melanjutkan, semua hal yang dikatakan dan dilakukan Nabi Muhammad SAW telah menjadi sumber dasar segala hukum Islam setelah Al-Quran, dan sudah tidak diragukan lagi kebenarannya. “Karena itu, salah satu cara untuk menunjukkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW adalah dengan mengenang hari kelahiran beliau dan meneladani akhlak baiknya,” jelas Ustadz Udjae.

Menurutnya, perayaan atau kegiatan Maulid Nabi merupakan bentuk penghargaan yang sangat besar kepada Nabi Muhammad SAW. Perayaan kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk hura-hura, tetapi juga momen untuk meningkatkan kecintaan kaum muslim kepada Nabi Muhammad SAW.

Dalam kesempatan yang sama, Ustadz Ferry Nur mengatakan bahwa perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan bagian dari peringatan kepada umat Islam. “Kita memperingati Maulid Nabi karena ada yang dilupakan oleh umat Islam berupa ajaran-ajaran Islam dan anjuran Rasulullah SAW. Dengan merayakan Maulid Nabi ini diharapkan dapat mengingatkan dan mengajak umat Islam untuk terus berbuat kebaikan sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW,”  tegasnya.

Ustadz Ferry berharap, perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di kampus Unas dapat menjadi contoh bagi dunia pendidikan untuk terus mengajak dan mengingatkan dalam kebaikan. “Semoga perayaan Maulid Nabi ini bisa memberikan contoh bagi generasi muda untuk senantiasa meneladani akhlak Rasulullah SAW dan mengikuti segala ajaran baiknya,” katanya.

Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A. M.M.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unas, Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A. M.M., mengatakan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW. merupakan Nabi yang paling luar biasa dalam mengemban misinya sebagai umat manusia.

“Oleh sebab itu, banyak hal yang bisa kita kupas dari Nabi Muhammad SAW. Misalnya seperti bagaimana ketika Ia diangkat menjadi Rasul, bagaimana memimpin rumah tangga, bagaimana adab memperlakukan dan berkomunikasi dengan tetangga, dan bagaimana menjadi pebisnis yang sukses,” imbuhnya.

Suryono juga berharap, kajian keislaman di Unas dapat terus ditingkatkan sehingga masjid Sutan Takdir Alisjahbana tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah tetapi juga tempat berbagi ilmu pengetahuan dan keterampilan.

“Saya sangat mendukung kajian-kajian seperti ini dalam rangka memperluas kompetensi para mahasiswa, sehingga ketika lulus nanti mereka tidak hanya membawa bekal ilmu di bidangnya, tetapi juga ilmu agama dan akhlak yang baik,” tegasnya.

Dr. Aos Yuli Firdaus, S.IP., M.Si.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Sutan Takdir Alisjahbana, Dr. Aos Yuli Firdaus, S.IP., M.Si., mengatakan, selain memperingati Maulid Nabi, kegiatan ini juga bertujuan untuk mencari ilmu dan mempererat tali silaturahmi diantara civitas akademika Unas dan jama’ah Masjid Sutan Takdir Alisjahbana.

“Mudah-mudahan ceramah yang diberikan oleh ustadz dalam kegiatan ini dapat memberikan wawasan mengenai akhlak Rasulullah SAW yang patut kita teladani, dan kita contoh hingga akhir hayat nanti,” ujarnya dalam sambutan.

Dihelat pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB, kegiatan ini juga diisi oleh penampilan hadroh dan dihadiri oleh Ketua Umum HIMMASTA Nurul ‘Ilmi, Wildan Sabiq Aula. (NIS) 

Berita Terbaru
Chat with Us!