Peringati 72 Tahun, UNAS Gelar Aksi Donor Darah

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta – Universitas Nasional (Unas) menggelar aksi donor darah sebagai salah satu rangkaian peringatan dies natalis Unas ke-72. Kegiatan yang diinisiasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ini bekerjasama dengan Paguyuban Perempuan Unas (PPU) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat.

“Hari ini Universitas Nasional melaksanakan kegiatan donor darah dalam rangka dies natalis unas ke 72. Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dimulai dengan penyuluhan, pelatihan, penyerahan bantuan dan diakhiri dengan pelaksanaan donor darah,” ujar Ketua LPPM Unas Dr. Ir. Nonon Saribanon, M.Si., saat ditemui disela-sela acara, Selasa (2/11).

Acara yang dilaksanakan di klinik Unas ini setidaknya lebih dari 110 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Para peserta terdiri dari mahasiswa, karyawan dan masyarakat di lingkungan kampus Unas.

“Semoga dengan kegiatan ini universitas Nasional sebagai perguruan tinggi tidak hanya berperan di bidang pendidikan dan penelitian tetapi juga dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan,” ucapnya.

Dikesempatan lain, Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional (Fikes) Unas dr. Cholisah Suralaga, M.Kes. mengatakan kegiatan donor darah rutin dilaksanakan setiap enam bulan. “Kegiatan donor darah rutin dilaksanakan enam bulan sekali tetapi pada saat pandemi, baru pertama kali ini (donor darah) kembali dilaksanakan,” kata dr. Cholisah yang juga dokter di klinik Unas itu

Kegiatan donor darah ini mendapatkan apresiasi positif dari Masyarakat. Salah satunya Sarimagi. Ia mengaku baru mendonorkan darahnya pertama kali. Ia juga mengatakan dengan kegiatan donor darah ini, Unas dapat memberikan peran yang berarti kepada masyarakat terutama dalam masa pandemi Covid-19 ini.

“Semoga Unas dapat terus melaksanakan kegiatan kemanusiaan ini untuk membantu para sesama,” ungkapnya.

Pernyataan senada disampaikan Arlita, mahasiswa Fakultas Ekonomi yang baru dua kali ini melakukan donor darah. Ia berharap dari setitik darah yang didonorkan oleh para relawan  dapat membantu menyelamatkan hidup orang lain. “Semoga dari donor darah ini bisa membantu,” harapnya. (*DMS)

Berita Terbaru
Chat with Us!