Penerimaan Penghargaan ‘One Star’ Qs Stars Rating 2011 bagi Universitas Nasional Pada Acara Qs Stars Award Ceremony And The 7th Apple Conference And Exhibition Di Universitas Santo Tomas Manila Pilipina

Universitas Nasional menerima pengharagaan ‘ONE STAR’ QS STARS rating 2011
 
Ms. Mandy Mok, Managing Director QS Stars Asia Pacific, Middle East and Africa menyerahkan Sertifikat Penghargaan kepada Universitas Nasional yang diterima langsung oleh Eddy Guridno, SE., M.Si.M Kepala Badan Penjaminan Mutu atas nama Rektor Universitas Nasional pada tanggal 18 Nopember 2011 dalam acara QS Stars Award Ceremony and The 7th APPLE Conference and Exhibition di Universitas Santo Tomas Manila Pilipina.

Perhelatan akbar QS Stars Award Ceremony and The 7th APPLE Conference and Exhibition di Universitas Santo Tomas Manila Pilipina yang diselenggarakan pada tanggal 16-18 Nopember 2011 merupakan agenda rutin tahunan sebagai forum resmi para pemimpin dan pengelola pendidikan tinggi diseluruh kawasan Asia Pasific Afrika Eropa Amerika yang membahas berbagai isu penting peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi secara keseluruhan. Dalam penyelenggaraan kali ini diikuti oleh lebih dari 800 peserta. Begitu banyak bahasan dan antusiasnya peserta kegiatan ini di laksanakan secara paralel dalam 6 track : 1. Internationalising the student body : International student recruitment, support and exchange; 2. Internationalising the curriculum : Educating global citizens ; 3. Building world class Universities in the Asia-Pacific : Strategies for institutional capacity building ; 4. Transnational education and international partnertship ; 5. The global higher education market : Trends, policies and key development ; 6. Social justice and access to higher education.
Dari 6 trak tersebut masing-masing trak mempunyai sesi bahasan antara 3 sampai 4 topik bahasan yang disampaikan oleh para nara sumber dari berbagai perguruan tinggi terkemuka dunia, sementara itu dalam pengantar konferensi Mr. Nunzio Quacquarelli, Managing Director, Quacquarelli Symonds, UK, dalam ungkapan The Rise of Asian Higher Education mengemukakan bahwa perguruan tinggi di Asia akan berkembang searah dengan perkembangan global yang tak mungkin dihentikan dan hanya akan memberikan yang terbaik apabila pimpinan, akademisi dan pengelola perguruan tinggi mampu meningkatkan mutu selaras dengan perkembangan tersebut.

Di sisi kegiatan QS APPLE (Asia Pacific Profesional Leader in Education) Conference and Exhibition diselenggarakan special briefing yang merupakan evaluasi dan pemaparan secara umum hasil QS Stars Rating yang penilaiannya dilakukan oleh QS Intelligent Unit melalui pengumpulan data yang ketat dan independen dan analisis metrik kinerja sebagai metodologi penetapan bintang pada perguruan tinggi dengan sistem penilaian independen dari perguruan tinggi masing-masing.
Sistem ini merupakan standar yang dipergunakan menilai perguruan tinggi di seluruh dunia dalam evaluasi secara mandiri dengan indikator kinerja yang penting terhadap standar internasional meliputi 6 indikator penilaian yaitu Research/Penelitian, Employability/tenaga kerja, Teaching/ mengajar, Infrastructure/ infrastruktur, Internationalization/ internasionalisasi, Innovation/inovasi, Engagement/ keterlibatan, Specialist/ spesialis.
Dengan metodologi penilaian tersebut Universitas Nasional memperoleh nilai pada kategori employability bintang 3 skor 75, teaching bintang satu skor 32, insfrastruktur bintang 4 skor 60, internasionalization bintang satu skor 17, engagement bintang 5 skor 38, secara keseluruhan memperoleh bintang satu dengan total skor 222.Disamping menerima sertifikat penghargaan tersebut Universitas Nasional juga melakukan pendekatan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi internasional untuk bidang penelitian, pertukaran mahasiswa dan dosen, bahasa dan budaya maupun benchmarking diberbagai bidang. Diterimanya Sertifikat Penghargaan ?One Star? dari QS Stars Rating 2011 dan bertambahnya kerjsama internasional ini melengkapi bukti konsistensi Universitas Nasional terhadap peningkatan mutu dan mempertegas strategi meningkatkan daya saing dengan mengutamakan mutu menggapai internasionalisasi pendidikan. Sebelumnya Universitas Nasional juga telah memperoleh sertifikat sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik dalam implementasi SPMI tahun 2009, dan mendapatkan pengakuan standar internasional sistem manajemen mutu ISO 9001-2008 pada tahun 2010 sudah barang tentu perihal tersebut akan menjadi masukan yang berharga bagi upaya perbaikan berkesinambungan mutu penyelenggaraan pendidikan di Universitas Nasional. (Sutikman, S.T)