Menerapkan Protokol Kesehatan Anak Usia Dini bersama Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Menerapkan Protokol Kesehatan Anak Usia Dini bersama Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS

Jakarta (UNAS) – Kurangnya pemahaman anak usia dini dalam menerapkan protokol kesehatan menjadi salah satu perhatian mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM), lima mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS mengadakan program “Sosialisasi Kepada Anak-anak Terkait Pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan di Kehidupan Sehari-hari”.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (27/12/2021), merupakan praktek lapangan dalam penerapan mata kuliah PR dan Manajemen CSR. Kelima mahasiswa yang mengadakan kegiatan ini ialah Puspitasari, Sania Yuanita, Andjanie Jasmine, Anisa Mercy, Sania Yuanita, dan Nabila Eka Ayuningtyas.

Dalam pelaksanaannya, diikuti oleh anak-anak rentang usia 5-6 tahun sebanyak 25 orang. Lokasi pelaksanaan kegiatan berlangsung di RA Casablanca, Bogor. Kegiatan ini juga mendapatkan bimbingan dari dosen FISIP UNAS Yayu Sriwartini, S.Sos., M.Si.

Latar belakang diangkat tema kegiatan ini yaitu masih banyaknya masyarakat yang belum menerapkan protokol kesehatan di lingkungan publik. Terkhusus anak-anak TK yang sudah memulai pelaksanaan kegiatan belajar secara tatap muka, masih belum mengerti terkait protokol kesehatan.

“Maka kami merencanakan program “Bersama Saling Menjaga : Sosialisasi Kepada Anak-anak Tentang Protokol Kesehatan”. Sosialisasi tersebut diharapkan agar anak-anak TK lebih memahami lagi tentang protokol kesehatan dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari mereka,” ujar Puspita mahasiswi angkatan 2019 itu.

Sania, mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS, juga berharap melalui kegiatan PKM ini, anak-anak lebih memperhatikan dan turut serta menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupannya sehari-hari. Hal ini ia sampaikan saat membuka kegiatan menerapkan protokol kesehatan pada anak usia dini.

Sejak pemberian materi oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS ini, kegiatan PKM berjalan dengan lancar. Sampai pada praktek menerapkan protokol kesehatan yang dilakukan oleh anak-anak RA Casablanca, Jakarta Selatan.

Salah satu anggota PKM, Andjanie, menyampaikan bahwa anak-anak RA Casablanca, Jakarta Selatan bersama dengan kepala sekolah dan guru-guru turut berantusias selama kegiatan berlangsung. “Warga RA Casablanca menyambut kami dengan baik. Mereka senang akan kedatangan kami yang inign mensosialisasikan terkait penerapan protokol kesehatan kepada anak-anak,” tuturnya.

Nabila dan Mercy yang juga tergabung sebagai anggota PKM, mengatakan bahwa, mereka siap untuk selalu membantu dan melakukan pendampingan kepada masyarakat jika hal tersebut diperlukan dikemudian hari. Disisi lain, dari kegiatan PKM yang dilaksanakan tersebut, bisa menjadi sebuah kegiatan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.

“Dari kegiatan PKM yang kami lakukan ini diharapkan agar bisa menjadi sebuah kegiatan yang bermanfaat bagi anak-anak dan juga bagi kami pribadi. Kami berharap kegiatan ini akan terus dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswa Universitas Nasional lainnya,” kata mereka. (*ARS/Tim PKM)

 

Berita Terbaru
Chat with Us!