Menang di Lomba Nasional, Shofia Dwi Nur Maulida Senang Dengan Ide Gagasannya

Shofia Menang Lomba Nasional

Jakarta (UNAS)- Mahasiswa Prodi Sosiologi Universitas Nasional Shofia Dwi Nur Maulida berhasil membawa nama UNAS di ajang lomba essay nasional yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Surabaya. Lomba penulisan essay tingkat nasional yang bertemakan “One Step Healthier by Working on Home” , tersebut digelar pada 18 Agustus-19 September 2021 dan pengumuman pemenang pada 26 September 2021.

Shofia menuangkan ide gagasannya dengan judul Selangkah Menyelamatkan Gangguan (Kesehatan Mental / Stres Kerja) Karyawan Melalui Aplikasi OK-COPING Pada Masa Work From Home. Dalam wawancara melalui WhatsApp ia menceritakan ide gagasannya.

“Jadi awal mula saya memilih ide gagasan tersebut sebelumnya saya melihat banyak sekali para pekerja wfh (karyawan wfh) yang terganggu kesehatan mentalnya karena ditengah pandemi seperti ini yang diharuskan untuk tidak keluar rumah membuat para pekerja wfh mendapatkan tekanan, mulai dari stres kerja, beban kerja berlebih dan yang pastinya terbatasnya merefleksikan diri untuk menghilangkan kejenuhan akibat stres kerja karena harus terus berada di dalam rumah, ”terangnya.

Dengan mengamati lingkungan sekitar kata Sofia muncullah ide bagaimana caranya agar para karyawan wfh tetap dalam kondisi sehat mental. “Menyoroti hal tersebut saya memiliki ide bagaimana caranya agar para karyawan wfh tetap dalam kondisi sehat mental walaupun dihadapkan dengan beban kerja dan di masa pandemi seperti ini, yaitu menciptakan sebuah wadah bernama Ok-Coping, ” tambahnya.

Mahasiswa Sosiologi angkatan 2020 tersebut juga bercerita tentang Ok-Coping yang diharapkan dapat dipertimbangkan oleh para pemangku kepentingan. “Jadi Ok-Coping itu bentuknya sebuah aplikasi yang didesain sebagai wadah konsultasi para pekerja karyawan WFH. Di dalam aplikasi tersebut termuat layanan konsultasi oleh konselor dan berbagai edukasi mengenai kesehatan mental. Sehingga harapannya tanpa harus keluar rumah di masa pandemi para karyawan wfh mampu menstabilkan dan mengedukasi dirinya terkait kesehatan mental yang menyerang akibat stres kerja. Selain itu terdapat layanan konseling mengenai pengembangan karir, sosial, maupun pengembangan pribadi, ” papar Sofia

Baca Juga :   WEBINAR EDU PARK: RUANG TERBUKA HIJAU, SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN BIOLOGI

“saya berharap ide gagasan saya diharapkan mampu menginspirasi dan direalisasikan oleh perusahaan maupun instansi yang berminat sehingga bermanfaat untuk para karyawan khususnya karyawan wfh, ”katanya.

Sofia juga berharap kepada mahasiswa UNAS untuk terus mengaspirasikan ide gagasan dalam bentuk lisan maupun tulisan. “Pesan saya, jika memiliki ide gagasan jangan pernah ragu untuk diaspirasikan baik berbentuk lisan maupun tulisan karena kita tidak pernah tau kapan ide gagasan dapat bermanfaat untuk orang sekitar bahkan lingkup yang besar, ” imbuhnya. (*TIN)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!