Melalui Pelatihan CWCCA, FIKES Diharapkan Mampu Mencetak Lulusan Yang Unggul Dalam Bidang Wound Care

Jakarta (Unas) – Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional (UNAS) kembali melangsungkan pelatihan perawatan luka bagi tenaga kesehatan atau Certified Wound Care Clinician Associate (CWCCA) batch kelima. Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh Fikes dengan harapan dapat mencetak lulusan yang unggul dalam bidang Wound Care.

“CWCCA adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh Prodi Pendidikan Ners sebagai bentuk implementasi visi dan misi prodi yaitu mencetak lulusan yang unggul dalam bidang Wound Care baik di tatanan klinik maupun komunitas,” kata Ketua Panitia Ns. Dayan Hisni, S.Kep., M.N.S., melalui pesan singkat, pada Sabtu, 13 Mei 2023.

Ia berharap setelah lulus pelatihan CWCCA, lulusan ners Unas dapat mengimplementasikan ilmu tersebut dan mereka bisa berkarya menjadi nursepreneurship.

Saat sesi workshop dan demonstrasi oleh instruktur/ Dosen Fikes UNAS Ns. Rizki Hidayat, M.Kep.,WOC(ET)N

Kegiatan yang dilaksanakan di Kampus Menara 2 Unas, Ragunan ini diawali dengan pre-test pada hari pertama dan dilanjutkan dengan beberapa materi yakni anatomi fisiologi kulit, proses penyembuhan luka, pengkajian luka dan dokumentasi, pemilihan balutan luka, dan pengetahuan tentang luka kronis (diabetic ulcer, luka tekan, luka kanker). Pada hari kedua, materi yang diberikan ialah pemilihan balutan luka, luka kronis diabetic ulcer, luka kronis luka tekan, dan luka kronis luka kanker.

Adapun hari ketiga diisi dengan workshop dan demonstrasi, quiz modern dressing, praktik klinik, OSCE wound care, serta evaluasi OSCE. Sementara hari keempat dilakukan post test dan evaluasi, presentasi kelompok, serta pengumuman peserta terbaik.

Pelatihan ini diikuti oleh 13 peserta baik dari lulusan ners Unas angkatan ke 6 dan juga dari pihak eksternal seperti rumah sakit, klinik maupun puskesmas. Kegiatan ini diselenggarakan bekerja sama dengan PT. Wocare Nusantara. (*DMS)

Baca Juga :   AKPARNAS Akan Mengadakan Perjanjian Kerjasama dengan CKPNI dan MUI
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!