Maksimalkan Potensi Kampung, Mahasiswa Administrasi Publik Lakukan Penelitian dan Kunjungan Akademik

Jakarta (UNAS) – Untuk memaksimalkan dan mengembangkan potensi kampung hijau agar berdaya guna, Program Studi Administrasi Publik melalui Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (Himapublik) melaksanakan penelitian dan kunjungan lembaga. Penelitian tersebut dilakukan di Desa Glintung, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing Kota Malang, Jawa Timur selama sepekan 01-07 Desember 2018.

Dalam wawancaranya, Ketua Umum Himapublik Nur Laili Rahmah mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja tahunan Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik yang bertujuan agar mahasiswa dapat menambah wawasan dan lebih sensitif terhadap masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat. “Penelitian dan kunjungan akademik ini menjadi agenda tahunan Himapublik yang bertujuan untuk membuka pola pikir para mahasiswa agar lebih luas terhadap isu-isu publik sehingga dapat berkontribusi kepada masyarakat,” ujar Lail saat dihubungi via telepon, Rabu, (8/1).

Menurutnya, peran akademisi sangat dibutuhkan dalam upaya pembangunan sebuah desa agar dapat menghasilkan kebijakan yang sesuai  dengan konteks dan kebutuhan masyarakat.

“HimaPublik sendiri terus berupaya menilai, meninjau, dan mengevaluasi sebuah kebijakan program, baik yang berbasis masyarakat maupun pemerintah sehingga kebijakan tersebut dapat mewujudkan pembangunan yang baik,” ucapnya.

Selain melakukan penelitian di Desa Glintung, Himapublik juga melakukan kunjungan lembaga ke Walikota Malang. Kunjungan tersebut dalam rangka membahas perkembangan Kota Malang dan keberlangsungan Kampung Glintung serta memperdalam informasi yang telah diperoleh dari beberapa informan.

“Kami juga berkunjung ke kantor Walikota Malang melakukan Forum Group Discussion untuk mendapatkan informasi tambahan dan mengkonfirmasi data yang telah di dapat oleh mahasiswa, kemudian hasil penelitian dan kunjungan lembaga ini disatukan dalam bentuk output makalah,” pungkas Lail. Dalam FGD tersebut, lanjutnya, di moderatori oleh Staff Ahli Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pemerintah Kota Malang Drs R. Wijaja Saleh Putra sekaligus sebagai narasumber dan Staff Ahli Bagian Sumber Daya Alam dan Penanganan Infrastruktur Pandu Zanuar S.T.

Kampung Glintung di Kecamatan Blimbing, Kota Malang merupakan kawasan yang dulunya menjadi langganan banjir dan memiliki segudang permasalahan seperti lingkungan yang kumuh, tingkat perekonomian rendah dan daerah yang berpotensi rentan penyakit. Namun, dengan inovasi dan kreatifitas warga, Kampung Glintung kini telah menjadi kawasan Go Green yang dipenuhi berbagai jenis tumbuhan.

“Banyak di luar sana kampung-kampung yang berhubungan dengan penghijauan,  tapi dalam hal keberlanjutan kampung Glintung mempunyai konsisten dan semakin berkembang dalam pengelolaan nya sehingga mampu merubah wajah kampung dari yang semula kumuh menjadi hijau dan asri,” tutup Lail yang juga tercatat sebagai mahasiswa UNAS. (*DMS)