Maknai Ucap Janji Kepaniteraan, 34 Mahasiswa Profesi Ners Siap Mengabdi ke Masyarakat

Jakarta (Unas) – Sebanyak 34 mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Ners Angkatan ke-4 Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional (Unas) ikuti prosesi ucap janji kepaniteraan, pada Sabtu (3/04). Digelar secara onsite dan online, kegiatan rutin dilakukan sebelum mahasiswa terjun praktik di lapangan.

“Angkat janji ini merupakan kegiatan yang harus dilakukan mahasiswa Pendidikan Profesi Ners yang telah lulus dari sarjana keperawatan, dan merupakan syarat sebelum terjun ke wahana praktik,” ucap Ketua Prodi Pendidikan Profesi Ners, Ns. Naziyah, S.Kep., M.Kep. dalam sambutannya secara onsite di Menara II Unas.

Ns. Naziyah, S.Kep., M.Kep.

Ia juga menuturkan, pada kegiatan ini mahasiswa dipasangkan name tag dan cap di atas kepala lalu mengikrarkan janji sebagai mahasiswa profesi Ners. Naziyah berharap, kegiatan ini dapat memberikan kesiapan belajar mengajar di lapangan bagi mahasiswa, yang akan berhubungan langsung dengan pasien.

“Kami juga berharap para mahasiswa bisa menanamkan rasa tanggung jawab agar dapat bekerja secara profesional dan mematuhi kode etik keperawatan,” tambahnya. Setelah mengucap janji kepaniteraan, lanjut Naziyah, langkah selanjutnya mahasiswa akan melalui 10 stase selama proses praktik yang diakhiri dengan pembuatan karya ilmiah.

Di sisi lain, Dekan FIKES Unas, Dr. Retno Widowati, M.Si., juga berharap, setelah praktik nantinya para mahasiswa dapat menjadi perawat handal dan bisa berkompetensi di tingkat global. “Teruslah belajar semaksimal mungkin, sehingga tidak lulus saja yang didapatkan tetapi juga bisa berkompetisi dan mengharumkan segenap bangsa pada pengabdian kemanusiaan,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Perwakilan Daerah Persatuan Perawat Indonesia Jakarta Selatan, Ns. Ratna Aryanti M.Kep. ETN., juga mengatakan, ucap janji ini bukan hanya ucapan semata tetapi diharapkan mahasiswa dapat memaknainya dan mengimplementasikannya di lapangan.

Baca Juga :   Seminar Global Perspectives SDGs Prodi HI Bersama Pembicara Internasional

“Semoga ucap janji ini dapat menjadi semangat bagi mahasiswa sebelum terjun ke lapangan. Bekerjalah dengan baik serta jaga nama baik almamater dan perawat,” imbuhnya. Berlangsung pada pukul 09.00 hingga 11.00 WIB, kegiatan ini turut diikuti 14 preceptor akademik. (NIS)

 

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!