Mahasiswi Sosiologi UNAS Sabet Juara 1 Lomba Desain Poster Tingkat Nasional

Jakarta (UNAS) – Rizki Budhianti, Mahasiswi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional (Fisip Unas) berhasil menyabet juara pertama kontes desain poster tingkat nasional. Mahasiswi angkatan 2019 itu berhasil memenangi kompetisi tersebut dalam event HI Fest 2021 yang dihelat oleh Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Nasional (Himahi Unas).

Melalui pesan singkatnya, Rizki menceritakan bahwa desain poster yang ia buat mensiratkan untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan keanekaragaman hayati demi keselamatan bumi. Ia menambahkan, Indonesia adalah salah satu negara megabiodiversity karena tingginya tingkat keanekaragaman hayati yang dimiliki sehingga ia mengajak kepada masyarakat untuk tidak merusak biodiversity.

“Melalui poster ini saya mencoba menyampaikan gambar dengan pesan supaya kita sama-sama menjaga lingkungan dan keanekaragaman hayati kita untuk keselamatan bumi. terlebih indonesia adalah salah satu negara megabiodiversity karena tingginya tingkat keanekaragaman hayati yang dimiliki,” kata Rizki kepada tim humas Unas, Selasa, (14/9).

Dalam pengerjaannya, Rizki mengaku bahwa ia mengerjakan poster tersebut selama seminggu dengan berbagai kendala teknis yang dialami nya. Ia pun menyatakan bahwa ia tidak terlalu mahir di bidang seni desain grafis.

“Saya mengerjakan poster ini sekitar seminggu. sehari penuhnya saya memikirkan konsep dan cari referensi. keluh kesahnya ya kadang ada kesulitan-kesulitan teknis yang mana saya juga masih belajar dalam hal desain,” tuturnya.

Rizki menyatakan bahwa meski di tengah keterbatasan para mahasiswa didorong untuk terus mengasah maupun upgrade skill. Terlebih menurutnya, saat ini perkembangan teknologi sangat pesat sehingga dapat digunakan para mahasiswa untuk mencari berbagai informasi guna meningkatkan kualitas diri.

Ia pun berpesan agar para mahasiswa tidak mudah lelah untuk terus menggali ilmu agar kedepannya dapat berprestasi di masa depan. “Sebenernya prestasi itu ga harus selalu tentang lomba atau juara karena sebagai mahasiswa pun jangan pernah capek untuk mencari ilmu ilmu baru yang tentunya dapat berguna di masa depan, agar mahasiswa-mahasiswi pun juga semangat untuk meraih prestasi apalagi di tengah pandemi saat ini,” ungkapnya. (*DMS)