Mahasiswa UNAS Jalani Seleksi Djarum Beasiswa Plus 2013

Universitas Nasional senantiasa berupaya untuk menjembatani peserta didiknya untuk meraih berbagai kesempatan beasiswa belajar. Salah satunya adalah Djarum Beasiswa Plus 2013.

Jakarta (UNAS) – Sebagai perguruan tinggi swasta tertua di Jakarta, Universitas Nasional tidak hanya berusaha memberikan kontribusi untuk dunia pendidikan melalui mahasiswa serta alumni yang unggul dan berkualitas, tapi juga dengan menjembatani peserta didiknya untuk meraih berbagai kesempatan beasiswa belajar. Salah satunya adalah Djarum Beasiswa Plus 2013.

Program yang digalang oleh Djarum Foundation ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bangsa dengan memajukan serta mencerdaskan mahasiswa Indonesia. Oleh karena itu, lembaga tersebut pun menggandeng puluhan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia guna mejaring mahasiswa – mahasiswa berprestasi agar bisa mendapatkan beasiswa tersebut.

“Untuk wilayah DKI Jakarta terdapat enam kampus yang sudah bekerjasama dengan kami, yakni Universitas Nasional, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Universitas Bina Nusantara, Universitas Paramadina, Universitas Katolik Atmajaya dan Universitas Dr. Moestopo Beragama. Seluruh mahasiswa yang berada di perguruan tinggi tersebut dapat mengajukan diri untuk meraih kesempatan ikut seleksi Djarum Beasiswa Plus di tiap tahunnya, asalkan memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan,” papar Program Officer Djarum Foundation, Lounardus Saptopranolo saat ditemui disela acara tes Potensi Akademik Djarum Beasiswa Plus 2013 Universitas Nasional di ruang Seminar Unas, Blok I Lantai 3, Kamis (15/8).

Lebih lanjut, Sapto menyebutkan bahwa pada program perdana Beasiswa Djarum Plus di Unas ini terdapat 50 mahasiswa lintas fakultas yang mendaftarkan diri. Namun, dari jumlah ini tersaring 35 peserta yang dapat malanjutkan tahap Tes Potensi Akademik (TPA). “Sebelum mendapatkan beasiswa ini memang ada beberapa tahap penyeleksian, yakni seleksi administrasi, seleksi Tes Potensi Akademik dan wawancara. Kami berusaha mencari mahasiswa yang memiliki prestasi yang baik tidak hanya sisi akademiknya saja tapi juga organisasi, kepemimpinan serta kerjasama dalam timnya,” imbuh Sapto.

Adapun persyaratan yang ditentukan oleh Djarum Foundation dalam program Beasiswa Djarum Plus ini adalah mahasiswa aktif semester IV dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00, aktif berorganisasi baik intra maupun ekstra kampus, serta belum mendapat beasiswa dari institusi lainnya. Sementara itu, bagi peserta yang nantinya dinyatakan lolos pada 31 Agustus 2013 akan mendapatkan beasiswa selama satu tahun.

“Tidak hanya mendapatkan dana beasiswa, selama program beasiswanya berjalan para peserta juga mendapat berbagai pelatihan yang mengasah soft skill mereka seperti nation building, character building, leadership development, community empowerment, competition challenge, dan International Exposure,” pungkas Sapto.