Mahasiswa Sastra Wajib Bertranspormasi Digital

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Mahasiswa Sastra Wajib Bertranspormasi Digital

Jakarta(UNAS)- Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Nasional kembali melakukan kegitan Pengenalan Lingkungan Budaya dan Akademik (PLBA) untuk mahasiswa angkatan 2022/2023 semester ganjil. Rangkaian acara yang dilakukan pada ruang kelas FBS blok 4 lantai 1 dihadiri oleh Dekan, wakil Dekan,Kaprodi, Dosen, dan para Hima yang ada di lingkungan Fakultas Bahasa dan Sastra (24/9).

Dalam Sambutannya Dekan FBS Dr. Somadi, M.Pd., menjelaskan, “bagaimana para mahaiswa ini harus senantiasa bisa beradaptasi dengan revolusi industry 4.0, dimasa sekarang ini harus paham dengan dunia digital, sehingga para mahasiswa baru ini bisa membuat sastra digital”. Nantinya Sastra digital ini menjadi kebutuhan masyarakat, maka dari itu para lulusan harus bisa menerapkan ini dengan baik.

Dekan FBS Dr. Somadi, M.Pd., memberikan sambutan diacara PLBA tingkat Fakultas yang langsanakan pada 24 September 2022.

“Inovasi baru juga harus dibuat oleh para mahasiswa, contohnya dengan menggunakan multimedia untuk bisa berkreasi dalam membuat karya sastra. Sehingga apa yang dilakukan oleh para mahasiswa nantinya bisa memberikan wajah baru dalam media baru”, ujar Dr.Somadi, M.Pd.

Wakil Dekan Dr. Fairuz. M. Hum., juga menambahkan, “pentingnya para mahasiswa baru ini untuk berorganisasi, di dalam FBS para mahasiswa harus aktif dalam dunia organisasi, ada empat hima yang ada di FBS yaitu HIMABAJA, HIMABAKOR, HIMASASING dan HIMASINA”.

Dari Keempat HIMA itu diharapkan para mahasiswa baru nantinya bisa untuk berkontribusi agar kegiatan mahasiswa yang ada di FBS bisa berjalan dengan baik. Tak hanya di situ, para Kaprodi yang ada di lingkungan FBS juga memberikan penjelasan kepada mahasiswa baru, yang menarik dalam penjelasan para Kaprodi adalah tentang profil lulusan.

Wakil Dekan Dr. Fairuz. M. Hum., menjelaskan tentang kegiatan yang ada di Fakultas Bahasa dan Sastra di UNAS.

Di dalam profil lulusan para mahasiswa diberikan gambaran bagimana nanti mereka bisa bekerja dibidang-bidang yang ada dalam dunia kerja. Disinilah mereka para mahasiswa baru diajak untuk paham tentang dunia kerja bagi para lulusan FBS.

Dalam kegiatan PLBA pada sekarang ini dilakukan secara hybrid, ada mahasiswa baru yang datang ke kampus dan ada juga mahasiswa yang ikut dalam zoom. Ditengah acara para mahasiswa baru FBS disuguhkan dengan pementasan puisi yang dibawakan oleh dosen.

Para peserta PLBA pun juga diwajibkan untuk membuat puisi dan dikumpulkan kepanitia untuk bisa dijuri oleh para dosen nantinya. Acara PLBA yang adakan selama satu hari ini ditutup dengan penjelasan dari tiap-tiap ketua HIMA dan penampilan karya-karya mahasiswa FBS. (AAP)

Berita Terbaru
Chat with Us!