Mahasiswa Ilmu Komunikasi Pamerkan Kreatifitas Desain Branding dalam Workshop DKV

Jakarta (Unas) – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Nasional (Unas) pamerkan hasil kreatifitas desain branding dalam Pameran dan Workshop Desain Komunikasi Visual, di Aula Blok I lantai IV Unas, Senin (10/07).

Ketua Pelaksana kegiatan, Vivitri Endah Andriani, S.I.Kom., M.I.Kom. menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan tugas final dari mata kuliah Desain Komunikasi Visual. “Sebelum pameran ini berlangsung, para mahasiswa terjun ke lapangan untuk mencari produk UMKM dan mencoba memasarkannya melalui hasil desain branding yang mereka buat,” ucapnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini mengusung tema ‘Design Creativity in Branding Micro, Small, and Medium Enterprices’. “Melalui tema tersebut, kami para dosen dan juri ingin melihat seberapa kreatif ide yang digunakan mahasiswa untuk bisa mem-branding produk UMKM yang telah dipilih,” ucapnya.

Vivi melanjutkan, dalam memasarkan produk, sebuah brand tetap membutuhkan seorang desainer grafis untuk bisa menuangkannya ke dalam bentuk visual. “Oleh karena itu, mahasiswa advertising dituntut untuk berpikir kreatif dan inovatif. Saya juga menekankan bahwa dunia advertising tidak hanya sebatas skill, tetapi juga attitude dan kemampuan berpikir,” ujar Vivi yang juga Dosen Mata Kuliah Desain Komunikasi Visual itu.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Unas, Drs. Adi Prakosa, M.Si. mengatakan, kegiatan ini merupakan wadah bagi para mahasiswa untuk menujukkan kreatifitasnya ke khalayak umum dan berharap kegiatan ini dapat meningkatkan mutu Prodi Ilmu Komunikasi, sehingga bisa memberikan nilai yang positif kepada dosen dan mahasiswa.

“Pameran ini merupakan bentuk praktik dari mata kuliah. Mahasiswa tidak hanya mendapatkan penguasaan materi dan membangun sikap saja, tetapi juga perlu ada praktik dan terjun ke lapangan, sehingga kreatifitas itu dapat terbangun. Semoga kegiatan ini bisa membantu mahasiswa agar lebih peduli terhadap produk UMKM,” tuturnya.

Baca Juga :   Kembangkan Bakat Generasi Muda, HIMAPUBLIK Akan Menggelar Turnamen Olahraga dan Seni

Adi berharap, pameran ini akan terus berlanjut karena dapat meningkatkan kualitas Prodi Ilmu Komunikasi. “Semoga ini bisa menjadi tugas final yang paten di mata kuliah ini, sehingga semakin banyak kegiatan positif yang bisa meningkatkan kualitas prodi Ilmu Komunikasi,” ujarnya.

Kegiatan ini diisi dengan presentasi desain oleh perwakilan kelompok yang langsung diberikan penilaian oleh para dewan juri. Adapun para juri trsebut ialah Johanis Adityawan selaku Branding dan Sosial Media Consultant, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Drs. Adi Prakosa, M.Si., serta Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi, Nusatyo S.Sos., M.Si.

Tak hanya itu, kegaitan dilanjutkan dengan sesi workshop yang diisi dengan pemaparan oleh Dosen Mata Kuliah Desain Komunikasi Visual, Vivitri Endah Andriani, S.I.Kom., M.I.Kom., dan Johanis Adityawan selaku Branding dan Sosial Media Consultant.(*NIS/REZ)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!