Kosakata Baru Untuk KBBI

unas-desiminasifaksastra
Selain itu, desiminasi ini bertujuan mencari kosakata baru yang belum ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
 
 
Jakarta [UNAS] – Tanpa sadar, kosakata dalam kehidupan sehari-hari terus bertambah. Baik itu awalnya berasal dari bahasa pergaulan namun bisa menjadi persamaan kosakata yang lain. Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Nasional (Unas) mengadakan Diseminasi Pengayaan Kosakata Selasa, (15/12) yang bekerjasama dengan Badan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Acara yang mengundang Dr. Kasno, M.Pd. (Lektor Linguistik Unas), Dra. Dad Murniah, M.Hum. (Peneliti Badan Bahasa), Dra. Tri Iryani Hastuti (Peneliti Badan Bahasa) sebagai naramsumber. Mereka memaparkan tentang leksikografi yang mempelajari tentang teknik penyusunan kamus. Kegiatan yang terlibat dalam ilmu leksikografi di antaranya adalah perancangan, kompilasi, penggunaan, serta evaluasi suatu kamus.

Selain itu, desiminasi ini bertujuan mencari kosakata baru yang belum ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). “Berangkat dari himbauan Menteri, KBBI tidak hanya diisi dari kosakata yang berasal dari Jawa saja. Banyak kosakata yang dapat masuk dalam KBBI. Kosakata juga bisa dari padanan bahasa daerah lain,” ujar Dra. Dad Murniah, M.Hum.

Ia juga mengungkapkan bahwa acara seperti ini akan diadakan di seluruh Indonesia. “Badan bahasa mendatangi generasi muda melalui universitas-universitas. Siapa tahu para mahasisa memiliki kosakata yang dapat dimasukkan kedalam KBBI yang baru nantinya,” tutup Murniah. (Dian Afriliani )

Baca Juga :   Yudisium Biologi ajak Lulusan Peduli Terhadap Lingkungan
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!