Kenalkan Pertanian Sejak Dini, FAPERTA Beri Edukasi Pertanian Organik Kepada Anak-anak TK

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (Unas) -Masyarakat perkotaan pasti jarang sekali melihat kebun yang penuh ditanami oleh sayuran atau buah-buahan, karena jumlah lahan yang bisa dijadikan untuk menanam sangatlah kurang, maka dari itu melakukan pertanian dengan konsep lahan sempit menjadi andalannya. Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Nasional (Unas) berikan edukasi lingkungan sejak dini berbasis pertanian organik kepada anak-anak TK yang bertempat di Jakarta, pada 29 November 2022.

“Pada kesempatan ini kami menerima kunjungan anak-anak TK untuk belajar pertanian di Fakultas Pertanian Unas. Kami memberikan edukasi lingkungan dengan praktik pertanian organik,” ujar Wakil Dekan Fakultas Pertanian Unas, Ir. Etty Hesthiati, M.Si.

Dibantu oleh para mahasiswa Pertanian Unas, Siswa TK melakukan pemanenan sayuran organik.

Pertanian organik merupakan satu konsep pertanian yang menitik bertakan pada tanah organik, pupuk organik dan bisa menghasilkan sayuran atau buah yang organik juga. Dengan memberikan konsep pertanian seperti ini diharapkan para generasi muda khususnya akan bisa memperdayakan halan perkaragan rumahnya atau huniannya untuk bisa bercocok tanam.

Ia melanjutkan, kunjungan di Laboratorium FAPERTA dihadiri oleh 17 anak-anak dari TK Fathahillah dan TK Mutiara Indonesia. Adapun kegiatan yang dilakukan ialah praktik menanam, membuat pupuk organik, praktik memanen, serta membuat makanan sehat sendiri, yakni takoyaki.

Kegiatan edukasi ini dilakukan melalui praktik yang menyenangkan sehingga diharapkan dapat membuka pandangan anak-anak TK tersebut mengenai pertanian dan meningkatkan minat mereka dalam bertani.

Dengan awalnya menyenangi biasanya para anak-anak merasakan kenyamanan, sehingga kelak mereka dewasa nanti pengalaman yang dirasakan dalam edukasi pertanian organik bisa menjadi landasan mereka untuk menggapai ilmu dalam hal pertanian.

Pengalaman bertambah saat mereka Siswa TK mendapatkan pelatihan pembuatan pupuk dari Kakak-kakak Mahasiswa Pertanian Unas.

17 anak yang ikut dalam edukasi pertanian organik harapkan bisa mendapatkan pengalaman baru sehingga mereka senang dan untuk orang tuanya bisa  menerapkan ilmunya untuk bisa berguna bagi keluarga.

Kegiatan seperti ini bukan pertama kalinya dilakukan oleh FAPERTA UNAS, sudah banyak kegiatan serupa yang pernah dibuat. Melalui kegiatan seperti ini menjadi bagian dalam tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Sudah menjadi tanggu jawab sebuah perguruan tinggi memberikan pelayanan pendidikan serta pengabdian kepada masyarakat terlebih bagi dilingkungan sekitar.

Turut hadir dalam kegiatan ini Dosen Fakultas Pertanian Unas, Ir. Inkorena G.S Sukartono, M.Agr, serta 12 mahasiswa Fakultas Pertanian Unas dari angkatan 2019 dan 2020.

 
 
Berita Terbaru
Chat with Us!