Kembangkan Modul Ajar, BPK Beri Pelatihan Dosen

Jakarta (UNAS) – Dalam rangka mengembangkan modul ajar sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan program studi, Badan Pengembangan Kurikulum (BPK) mengadakan pelatihan pembuatan modul pembelajaran untuk dosen di Universitas Nasional. Dalam materi yang disampaikan pada Rabu (16/11) di ruang 1.05 Cyber, Kepala Badan Pengembangan Kurikulum Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., menyampaikan dosen harus mampu mengembangkan bahan ajar yang relevan dan menyesuaikan tingkat capaian mahasiswa.

“Tujuan pelatihan supaya ibu bapak dosen mampu memodifikasi modul ajar yang telah tersedia disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan masing-masing, Dosen mampu menentukan asesmen atau penilaian yang sesuai dari modul ajar yang dimodifikasi”, paparnya.

Heni juga mengatakan pelatihan pembuatan modul ajar guna untuk mendukung tingkat capaian mahasiswa pada modul yang sudah dimodifikasi.

Modul ajar merupakan kebutuhan utama sebagai penunjang pengajaran di instansi pendidikan. Buku tersebut diperlukan dalam setiap proses pembelajaran untuk memudahkan mahasiswa memperoleh bahan bacaan yang sesuai dengan materinya. Selain itu, modul ajar yang baik bisa membantu mahasiswa untuk memahami materi perkuliahan secara lebih efektif dan terarah.

Di samping itu, ketersediaan buku penunjang pengajaran menunjukkan tingkat komitmen dan kompetensi dosen dalam pembelajaran setiap mata kuliah.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unas, Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A.,M.M., saat membuka acara pembuatan modul pembelajaran yang dibuat oleh BPK.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unas, Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A.,M.M., menyambut baik kegiatan pelatihan pembuatan modul pembelajaran yang diharapkan bisa merubah mindset dan menghasilkan teks book.

“Dalam pembelajaran tentu kita tidak bisa tanpa perencanaan, saya menyambut baik kegiatan seperti ini yang diharapkan menghasilkan sebuah pola pikir baru dan tentu akan jauh lebih baik jika bisa menghasilkan berupa teks book karena ini akan mempermudah bapak ibu dosen dalam mengurus kepangkatan”, pungkasnya.

Baca Juga :   Tips Sukses Memulai Wirausaha by Muhammad Assad

Dalam kegiatan pelatihan pembuatan modul pembelajaran, Dosen dilatih dan didampingi membuat modul ajar guna mempermudah dalam pembelajaran dengan mahasiswa. (TIN)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!