Implementasi RPL Tipe A, Unas Adakan Sosialisasi dan Bimtek

Jakarta (Unas) – Dalam rangka implementasi Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 41 Tahun 2021 tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Tipe A, Universitas Nasional (Unas) melaksanakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek).

Kegiatan yang dilaksanakan secara luring dan daring ini dihadiri oleh Wakil Rektor Unas Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., Ketua Pelaksana RPL Unas/ Kepala Biro Administrasi Akademik Dra. Sri Handayani, M.Si., Ahli Sosialisasi RPL Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemendikbud Dikti Dr. Ir. Ahmad Rifandi, M.Sc., dan Kepala Badan Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi Unas Ariana Azimah, S.T., M.T.I.

Ketua Pelaksana RPL Unas Dra. Sri Handayani, M.Si. mengatakan kegiatan ini diadakan berkat adanya hibah yang diberikan dari Belmawa Kemendikbud Dikti. Ia melanjutkan bahwa peserta sosialisasi dan bimtek terdiri dari para asesor, mitra kerja sama Unas, dan alumni yang mempunyai kerja sama dengan Unas.

Sebelum menutup laporannya, Sri juga juga menyampaikan terima kasih kepada para panitia dan pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara sosialisasi dan bimtek ini.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan nya memberikan kesempatan kepada Unas untuk mengimplementasikan RPL. Ia juga mengatakan, pada tahun 2023 Unas membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur RPL.

Menurutnya, hal ini menjadi kesempatan yang baik bagi masyarakat untuk bisa menempuh pendidikan secara singkat dengan biaya yang lebih efisien. “Meski begitu, tetap ada mekanisme yang ketat yang telah diatur didalam peraturan Dikti,” kata Suryono, di Hotel Margo, Depok, Selasa, 18 Juli 2023.

“Oleh karena itu hari ini, para asesor dan sekaligus mitra kita akan diberikan pemahaman mengenai RPL dan bagaimana teknis implementasinya,” lanjutnya.

Baca Juga :   Pengenalan Lingkungan & Budaya Akademik FTKI Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023

Untuk mendukung pelaksanaan RPL, Suryono mengungkapkan telah menyiapkan aplikasi yang tengah dikembangkan oleh Badan Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi Unas.

Nanti dipersilahkan kepada bapak/ibu dan juga para mitra yang hadir baik luring maupun daring bisa menyampaikan persoalan-persoalan atau bisa sharing terkait dengan RPL. Sehingga nanti bisa memberikan pemahaman dan informasi kepada calon mahasiswa maupun karyawan yang ingin lanjut studi di Unas,” ujarnya.

RPL merupakan proses pengakuan atas Capaian Pembelajaran (CP) seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu.

Pengakuan capaian pembelajaran untuk RPL Tipe A ini dilakukan secara parsial, yaitu pengakuan hasil belajar yang diperoleh dari Program studi pada Perguruan Tinggi sebelumnya, Pendidikan nonformal atau informal dan/atau Pengalaman kerja setelah lulus jenjang pendidikan menengah atau bentuk lain yang sederajat atau dikonversikan dengan mata kuliah di Unas.

Adapun keuntungan dan keunggulan yang didapat bagi mahasiswa baru jalur RPL di Unas yaitu lulus lebih cepat karena proses perkuliahan jalur RPL ini akan lebih singkat. Sehingga mahasiswa jalur RPL ini akan lulus lebih cepat dari pada jalur reguler. Pengalaman kerja yang sudah diikuti oleh para mahasiswa ini kemudian bisa diakui dan ditranskripsikan melalui nilai.

Kedua, hemat biaya karena masa studinya singkat, maka pengeluaran biaya yang diambil juga lebih hemat. Dengan begitu bisa dipastikan jika proses pembayaran uang kuliah akan jauh lebih murah.

Adapun Narasumber yang memberikan sosialisasi dan bimtek yaitu Ahli Sosialisasi RPL Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Dr. Ir. Ahmad Rifandi, M.Sc. dan Kepala Badan Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi Unas Ariana Azimah, S.T., M.T.I. yang memberikan pengarahan mengenai aplikasi penerimaan mahasiswa baru jalur RPL di Unas. (*DMS)

Baca Juga :   Wisuda Universitas Nasional Periode I Tahun Akademik 2020/2021
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!