HIMTI AJAK MAHASISWA UNAS KENAL TEKNOLOGI

Jakarta (UNAS) – Istilah Generasi millennial memang sudah tidak asing lagi. Generasi millennial adalah generasi yang kreatif dan memiliki akses yang luas dalam menggali informasi. Di era globalisasi saat ini, generasi millennial disebut-sebut sebagai generasi yang cepat beradaptasi dengan teknologi.

Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) melalui Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) menggelar pameran teknologi digital di selasar UNAS pada Jumat-Minggu (14-16/12). Pameran ini merupakan bagian dari kegiatan UNAS Digital & Cultural Festival dengan mengusung tema Digital Festival yang memiliki beberapa exhibitor seperti Robot edukasi, Ngampooz, Emago, Repluz, dan Net1 yang merupaka provider jaringan internet juga beberapa tugas akhir alumni FTKI prodi Teknik Informatika seperti Leap Motiom- Geometry Learning.

Leap Motion- Geomerty Learning karya alumni FTKI/TI UNAS merupakan aplikasi tentang pengenalan bangunan ruang, tetapi bukan hanya itu, dalam aplikasi ini juga ada game berupa karakter Baymax yang bisa dikendalikan dengan tangan menggunakan tools tambahan yang disebut Leap Motion. Jadi, karakter Baymax bisa bergerak sesuai gestur tangan melalui Leap Motion.

Aldy Cantona yang merupakan anggota Himpunana Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) menjelaskan tujuan pameran ini untuk mencoba mengatasi butanya teknologi di generasi millennial saat ini. “ Kita mencoba untuk memberantas buta teknologi kepada pengunjung dan mahasiswa UNAS yang sekarang memasuki generasi millennial dengan memamerkan teknologi dari relasi-relasi yang kita punya, jadi engga cuma sosial media dan game aja seperti yang mereka gunakan sekarang,” tegas Ketua pelaksana kegiatan tersebut.

Tidak hanya itu, pameran ini juga bertujuan untuk mengenalkan teknologi hasil karya mahasiwa UNAS ke seluruh pengunjung. “Tujuannya biar pengunjung dan mahasiswa UNAS di seluruh fakultas tahu kalau kami (mahasiswa Fakultas Teknik Informatika) punya beberapa karya yang patut di apresiasi,” jelas Ibnu Nur Khawarizni yang saat itu bertugas sebagai Koordinator Pameran.

Pameran yang diadakan dalam tiga hari ini mempunyai jumlah pengunjung lebih dari 500 orang pengunjung baik dari mahasiswa UNAS maupun umum. Pengunjung tidak perlu membayar untuk bisa menikmati dan mencoba beberapa game digital yang disuguhkan di pameran.

Beberapa pengunjung mengaku senang karena banyak mendapat ilmu seputar teknologi digital, seperti halnya yang disampaikan oleh salah satu pengujung pameran, Abdu Robby “Pameran digitalnya bagus, kita semua jadi tahu apa sih itu digital bukan hanya dalam hal game dan sosial media kayak Instagram, Facebook, Youtube tapi juga dalam hal digital Learning,” ungkap Robby yang juga merupakan peserta lomba PUBG yang diselenggarakan oleh FTKI untuk memeriahkan Dies Natalis UNAS ke 69. (*TIN)