HIMAPUBLIK Adakan Sport and Art Competition bagi Mahasiswa dan Pelajar Se-Jabodetabek

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
HIMAPUBLIK Adakan Sport and Art Competition

Jakarta (Unas) – Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMAPUBLIK) Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nasional (Unas) akan mengadakan kegiatan Sport and Art Competitions Of Public Administration (SCOPA) 2022. Kegiatan ini akan diikuti oleh mahasiswa dan pelajar tingkat SMA/SMK/MA se-Jabodetabek.

Ketua Pelaksna kegiatan, M. Desfarel Ramadhan mengatakan, SCOPA 2022 merupakan turnamen keolahragaan tingkat Universitas atau Himpunan mahasiswa dan perlombaan tari Ratoh Jaroe tingkat SMA/SMK se-Jabodetabek. Adapun tema yang diusung ialah “Bangkitkan Semangat Jiwa Muda Bagi Generasi Penerus Banga”.

“Kegiatan ini diisi dengan perlombaan futsal, badminton, mobile legend, dan tari Ratoh Jaroe. Semoga SCOPA 2022 dapat menjadi wadah bagi seluruh mahasiswa program studi Administrasi Publik FISIP Unas dalam mengembangkan bakatnya di bidang olahraga dan seni”, ujarnya dalam pelaksnaan technical meeting kegiatan yang dihelat secara luring di Menara Unas 1, Ragunan, Senin (08/08).

Dr. Erna Ermawati Chotim, M.Si., Dekan Fisip Unas memberikan sambutan dalam peluncuran SCOPA 2022. 

Ketua Umum HIMAPUBLIK Unas Yulia Zaa Hudna juga menambahkan, SCOPA 2022 merupakan wadah yang diusung dengan tujuan terjalinnya relasi antara mahasiswa dari universitas lain.  “Kegiatan ini juga menjadi salah satu ajang untuk Unas khususnya program studi Administrasi Publik FISIP Unas dalam melakukan sosialisasi serta memperkenalkan program studi kepada para calon mahasiswa baru dan masyarakat luas”, imbuhnya.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan technical meeting ini, panitia SCOPA 2022 menjelaskan mengenai sistematika perlombaan yang dipaparkan oleh masing-masing penanggung jawab kategori lomba. “Kami juga menjelaskan mengenai persyaratan perlombaan per kategori, ketentuan perlombaan secara teknis, timeline perlombaan, sistem penilaian, serta hadiahnya”, kata Yulia.

Sementara itu, Dekan FISIP Unas, Dr. Erna Ermawati Chotim, M.Si., mengatakan, mahasiswa dan pelajar penting untuk terus mengembangkan keahlian mereka diluar pendidikan formal seperti sekolah dan perkuliahan. “Pengetahuan dan keterampilan di luar pendidikan formal juga perlu terus diasah karena bisa menjadi nilai tambah ketika melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi”, imbuh Erna.

Lebih lanjut, Erna berharap bahwa SCOPA 2022 tidak hanya menghasilkan prestasi tetapi juga networking antara panitia dan peserta, sehingga dapat berkolaborasi di kegiatan-kegiatan lainnya yang bisa memberikan kontribusi bagi sekolah maupun universitas.

Dr. Mary Ismowati, M.Si., Kaprodi Administrasi Publik FISIP Unas memberikan arahan terkait SCOPA 2022.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Prodi Administrasi Publik FISIP Unas, Dr. Mary Ismowati, M.Si., menuturkan rasa terima kasihnya atas antusias seluruh peserta dalam rangka mengikuti SCOPA 2022. Mary berharap perlombaan ini dapat berlangsung dengan lancar nantinya serta bisa menuangkan kreativitas bagi mahasiswa dan pelajar.

“Kami ucapkan terima kasih disela-sela kesibukan para mahasiswa dan pelajar masih memiliki semangat untuk mengikuti lomba. Prodi Administrasi Publik sangat mendukung kegiatan positif seperti ini dan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua,” tuturnya. 

Kegiatan ini juga diisi promosi program studi Administrasi Publik yang disampaikan oleh Sekretaris Prodi Administrasi Publik, Angga Sulaiman, S.I.P., M.Si. Dalam pemaparannya, Angga menjelaskan mengenai berbagai alasan memilih prodi Administrasi Publik di FISIP Unas.

“Prodi Administrasi Publik sudah terakreditasi A atau sangat baik berdasarkan BAN PT dan sudah lebih dari 15 tahun berhasil mempertahankan akreditasi tersebut. Kami juga memiliki guru besar profesor, serta dosen bergelar S3 dari dalam dan luar negeri,” jelasnya.

Angga menambahkan, calon mahasiswa juga memiliki kesempatan besar untuk meraih beasiswa prodi Administrasi Publik. Selain itu, prodi juga aktif melaksanakan kegiatan kemahasiswaan mulai dari desa binaan, penelitian kolaboratif, sampai kunjungan akademik.

“Pembelajaran di prodi Administrasi Publik juga didukung dengan sistem daring, dan memiliki biaya kuliah yang sangat terjangkau. Kami juga sedang dalam persiapan menuju akreditasi Internasional FIBAA, dalam rangka mempermudah mobilitas lulusan ke pasar kerja global,” tutupnya. (NIS)

Berita Terbaru
Chat with Us!