Himapar UNAS, Ajak Mahasiswa Mempunyai Jiwa Kepemimpinan Berkarakter

Jakarta (UNAS)-  Negara Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan budaya. Salah satunya budaya yang cenderung patrnermalistik dimana senior dihormati oleh junior atau pemimpin sebagai sebagai senior yang disegani oleh bawahannya. Pemimpin menjadi teladan bagi bawahan karena itu ia harus mampu memberi keteladanan untuk dicontoh bawahannya. Kepemimpinan yang berkarakter memiliki empat sifat utama: memiliki sifat jujur, memandang jauh ke depan, memberi inspirasi, dan cakap.

Mahasiswa merupakan generasi bangsa yang harus dijaga dan dididik dengan baik  agar menjadi calon pemimpin yang dapat menjaga negara ini dengan baik, Himpunan Mahasiswa Pariwisata (HIMAPAR) mengajak mahasiswa khususnya prodi pariwisata Universitas Nasional mempunya jiwa kepemimpinan yang berkarakter pada kegiatan Bedah Buku berjudul “Kepemimpinan Berkarakter” Sabtu (10/4).

Bedah buku bersama penulisnya Drs. Agus Wijaya, M.M, M.Si tersebut menjejaskan bahawa seorang pemimpin harus mempunyai karakter. “Seorang pemimpin harus mempunyai karakter tegas yang mempu mengarahkan dan mempengaruhi bawahnya, harus bisa mencetuskan ide-ide baru dan bisa memecahkan masalah”, jelasya pada webinar.

Drs. Agus Wijaya, M.M, M.Si

Ia juga menyebutkan sebagai seorang pemimpin harus mampu menjadi pemimpin teknis, konseptual dan kemanusiaan. “Menjadi pemimpin kita harus tahu bagaimana cara memimpin secara teknis, pemimpin yang berkonsep atau konseptual dan menjadi pemimpin yang memausiakan manusia, tugas- tugas pemimpin itu adalah menciptakan dan menyelaraskan misi, membangkita ide dan membangun team work yang baik”, papar Agus

Dalam buku yang berjudul Kepemimpinan berkarakter tersebut berisikan berbagai aspek kepemimpinan dan karakter pemimpin yang efektif dengan cukup komprehensif dan praktis bagi seluruh kalangan. Materi yang dipaparkan dalam buku ini diawali dengan pengertian dasar dan hakekat kepemimpinan. Lebih jauh pembelajar diajak untuk merefleksikan karakter kepemimpinan sebagai tinjauan pokok dan mendasari seluruh perilaku kepemimpinan.

Rizki Nurul Nugraha, S.S.T.Par, M.M.Par

Pada sambutannya, Kepala Prodi Pariwisata Rizki Nurul Nugraha, S.S.T.Par, M.M.Par berharap kegiatan bedah buku ini bisa membekali mahasiswa agar menjadi pemimpin yang berkarakter di masa depan. “ Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa bermanfaat dan menjadi salah satu bekal mahasiswa agar menjadi pemimpin yang baik dan berkarakter”, ujarnya. (*TIN)