Himakum UNAS Bagikan Paket Sembako Untuk Mahasiswa Terdampak Covid-19

Jakarta (UNAS) – Himpunan Mahasiwa Hukum Universitas Nasional membagikan paket sembako kepada mahasiswa yang terdampak pandemi covid-19. Paket sembako tersebut diberikan kepada mahasiswa fakultas hukum yang tidak bisa pulang ke kampung halaman serta terkendala ekonomi.

“Dalam donasi ini, Himakum memprioritaskan untuk rekan-rekan mahasiswa fakultas hukum baik yang masih stay di tempat kos karena tidak bisa pulang ke kampung halamannya, maupun rekan-rekan mahasiswa yang memang terkena dampak pandemi lain seperti terkena pemutusan hubungan kerja atau penutupan usaha pribadi,” kata Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Hukum Universitas Nasional Mira Zahra saat di hubungi, di Jakarta, Selasa (19/5).

Mira menjelaskan bahwa dana bantuan untuk mahasiswa yang terdampak covid-19 ini merupakan hasil swadaya pimpinan fakultas, dosen, mahasiswa maupun donatur lain di luar lingkup fakultas hukum maupun Universitas Nasional. “Kita tidak memberikan jumlah atau ketentuan khusus kepada para donatur. Oleh karena itu, para donatur memiliki kebebasan dalam memberikan sumbangannya. sehingga dalam memberikan donasi seperti ini, murni dari hati nurani mereka masing-masing,” ujarnya.

Adapun paket sembako yang diberikan yaitu beras 2,5 kg, minyak 1 liter, 1 box teh celup, 2 botol sarden, 1 botol saos, 2 sachet kecap manis, 2 mie instan goreng, 3 mie instan kuah, 1 masker kain, dan 1 botol hand sanitizer.

Penggalangan donasi yang dilakukan selama 18 hari tersebut berhasil menghimpun donasi sebesar satu juta enam ratus empat puluh dua ribu rupiah dan lima belas kilogram beras. Selain disalurkan dalam bentuk sembako yang diberikan kepada para mahasiswa terdampak covid-19, donasi tersebut juga diarahkan untuk memberi bantuan berupa makanan kepada petugas pengumpul sampah, penjual jamu, driver online, pengemudi taksi, tunawisma, serta petugas medis di rumah sakit.

“Setelah prioritas kami tersebut (mahasiswa) sudah terpenuhi, kami menyisihkan sebagian dari donasi untuk kami berikan ke orang-orang yang hidupnya banyak di jalan maupun petugas medis di rumah sakit umum daerah pasar minggu,” tutur Mira mahasiswa fakultas hukum angkatan 2017 itu.

Sementara itu, Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Nasional Dr. Mustakim, S.H., M.H. mengapresiasi pembagian paket sembako dan makanan yang dilakukan Himakum. “Kegiatan ini sangat baik dan harus didukung semua pihak terutama civitas akademika Universitas Nasional, karena pandemi covid-19 ini merupakan ujian buat kita bersama dan kegiatan ini merupakan salah bentuk empati yang dilakukan himakum dengan didukung  jajaran civitas akademika fakultas hukum agar bisa saling menguatkan diantara sesama akibat dampak covid-19 ini,” ucap Mustakim.

Salah satu penerima paket sembako, Lailah Laia mengaku sangat terbantu dengan bantuan paket sembako ini. “Terima kasih telah membantu keperluan sehari-hari selama harus di kost, semoga langkah kawan kawan selalu terberkati,” ungkap Edi mahasiswa fakultas hukum angkatan 2017 itu. (*DMS)