HIMAJIP Unas Lakukan Pengabdian Masyarakat di Desa Ngawis, Yogyakarta

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
HIMAJIP Unas Lakukan Pengabdian Masyarakat di Desa Ngawis, Yogyakarta

Jakarta (Unas) – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik (HIMAJIP) Universitas Nasional (Unas) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Ngawis, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, yang terbagi ke dalam 12 Dusun, pada 20-26 Juni 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 41 peserta, 40 panitia, 12 mentor, dan beberapa pendamping.

“Kami memberikan ruang untuk mahasiswa Unas dalam kegiatan pengabdian masyarakat di desa kami, dengan harapan dapat menjalin persaudaraan serta silaturahmi dan memberikan manfaat kepada warga desa Ngawis,” ujar Kepala Desa Ngawis, Anjar Kurniawan, Amd. dalam sambutannya.

Ia berharap, HIMAJIP Unas dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat selama melakukan pengabdian kepada masyarakat, terlebih ilmu mengenai kekeluargaan dan sosial yang sangat melekat di masyarakat desa.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Unas, Dr. Aos Yuli Firdaus, S.I.P., M.Si., mengatakan, dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, mahasiswa Unas diharapkan dapat lebih memahami kondisi masyarakat secara langsung di pedesaan.

“Selain bentuk pengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi,  kegiatan ini bisa menambah simpati mahasiswa untuk peka terhadap masyarakat desa, serta membangun masyarakat desa yang lebih aktif terhadap kegiatan politik ataupun isu politik yang ada di Indonesia,” tuturnya.

Ketua Program Studi Ilmu Politik, Siti Sadiyatunni’mah, S.MB., M.Si. juga menuturkan rasa terima kasihnya kepada masyarakat di Desa Ngawis yang telah menyambut baik kedatangan HIMAJIP Unas untuk melakukan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Kami menghaturkan terinma kasih kepada masyarakat dan perangkat desa karena sudah menerima HIMAJIP Unas untuk melaksanakan pengabdian kepada masyakaat,” imbuhnya.

Ketua Umum HIMAJIP Unas, Fikri Triyadiansyah mengatakan, kegiatan ini diawali dengan proses pelepasan secara resmi di Masjid Sutan Takdir Alisjahbana Unas, kemudian opening ceremony sekaligus penyambutan kedatangan HIMAJIP Unas yang diterima baik oleh masyarakat desa. Kegiatan ini dihadiri oleh Panewu Karangmojo, Lurah Ngawis, dan Perangkat Desa Ngawis.

“Alhamdulillah kami diterima baik oleh masyarakat desa. Sebelumnya, kami membutuhkan waktu persiapan sekitar 6 bulan dan saya berharap program ini bisa berkelanjutan dan terus diadakan oleh mahasiswa program studi Ilmu Politik Unas,” katanya.

Fikri menambahkan, adapun rangkaian kegiatan ini meliputi Studi Banding bersama Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada, kunjungan industri UMKM dan mengajar anak-anak di sekolah serta perpustakaan rakyat, sosialisasi politik kepada masyarakat setempat dan seminar di Balai Desa, reforest dengan menanam 12 bibit dan membantu pekerjaan sehari-hari masyarakat setempat, serta rekreasi Gua Pindul dan Malioboro.

“Dengan berlangsungnya kegiatan ini, saya berharap HIMAJIP dapat bersinergi bersama dengan Prodi Ilmu Politik Unas dalam membangun kesadaran sosial dan kepekaan akademik dengan melakukan penelitian dalam rangka mempertahankan akreditasi program studi Ilmu Politik Unas. Besar harapan kami, pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat Tahun 2022 ini dapat memberi dampak positif bagi seluruh mahasiswa dan masyarakat Indonesia,” tutupnya. (NIS)

Berita Terbaru
Chat with Us!