Gandeng BSN, UNAS Berencana Standarisasi Laboratorium

JAKARTA – Universitas Nasional (UNAS) melalui Badan Sertifikasi Nasional (BSN) berencana untuk melakukan standarisasi laboratorium. Standarisasi tersebut berdasarkan ISO 17025 sebagai persyaratan umum kompetensi laboratorium untuk pengujian dan kalibrasi berstandar internasional. Hal ini dilakukan guna mengembangkan mutu sarana dan prasarana pembelajaran mahasiswa di lingkungan UNAS.

“Standarisasi laboratorium itu sangat diperlukan, karena  bukan hanya sekadar untuk pembelajaran tapi juga penelitian dan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, juga dapat menambah poin akreditasi bagi program studi dan kampus saat reakreditasi,” ujar Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat UNAS, Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt. dalam workshop ISO 17025 Tentang Standarisasi Laboratorium, di Aula UNAS, (16/10).

Erna berharap, dengan menggandeng BSN, seluruh penanggung jawab laboratorium UNAS dapat memahami standarisasi laboratorium untuk dapat segera membenahi hal-hal yang perlu ditingkatkan. “Saya berharap hasil dari workshop ini adalah standarisasi laboratorium bisa tercapai karena peringkat perguruan tinggi juga diukur dari banyaknya standarisasi disuatu universitas. Anggaplah ini batu loncatan pertama bagi UNAS supaya dapat meningkatkan kemajuan dalam bidang prasarana,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Kerjasama Dalam Negeri BSN, Drs. R. Iskandar Novrianto mengatakan bahwa peranan laboratorium sangat menentukan dalam proses pengembangan mutu suatu institusi. Untuk itu, diperlukan suatu standar yang bersifat internasional yang telah mencakup teknis dan mutu yang baik, salah satunya ialah ISO 17025.

“Penggunaan standar ini biasanya dihubungkan dengan proses akreditasi yang dilakukan oleh laboratorium. Standarisasi itu juga dapat menjadi tolak ukur dalam perbaikan terus menerus disistem manajemen laboratorium, serta dapat meningkatkan citra dan pengakuan secara internasional,” tutur alumni Fakultas Biologi UNAS itu dalam paparannya. Oleh karena itu, lanjut Iskandar, penting untuk berencana menerapkan standar ISO 17025 agar laboratorium UNAS dapat bersaing dan terpercaya.(*NIS)

Baca Juga :   Mahasiswa Profesi Ners Ucap Janji Kepaniteraan Sebelum Terjun Ke Lapangan
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!