FTS Gelar Seminar Teknologi Berbasis IT

JAKARTA – Perkembangan dunia IT (Information Technhology) mengalami kemajuan yang sangat pesat. Kemajuan itu salah satunya ditandai dengan terciptanya suatu teknologi yang lebih mutakhir dan mampu membawa perubahan besar dalam segala aktivitas manusia.

Setiap tahunnya berbagai perusahaan teknologi kerap bersaing satu dengan lainnya berlomba-lomba membuat suatu perubahan besar. Hal ini menyebabkan ketatnya persaingan dunia IT sehingga perlu bagi generasi muda untuk memanfaatkan dunia IT lebih baik dengan terciptanya ide – ide kreatif dan inovatif.

Dewasa ini banyak dunia industri teknologi yang banyak membutuhkan tenaga kerja terampil dan ahli dalam bidangnya. Salah satu tempat yang dapat menjadi pilihan utama untuk mencetak tenaga ahli dan terampil dan siap kerja dalam menghadapi perkembangan teknologi adalah Sekolah Menegah Kejuruan (SMK).

Perduli dengan hal tersebut, Fakultas Teknik dan Sains Universitas Nasional (UNAS) bekerjasama dengan Panasonic Itcomm mengadakan seminar bertajuk ‘Pemantapan Pemanfaatan IT di SMK’, pada Kamis (18/01). Dengan tujuan mengembangkan teknologi jaringan berbasis IT bagi siswa-siswi SMK, kegiatan ini dihadiri oleh 26 kepala sekolah dan perwakilan siswa-siswi SMK se-Yogyakarta.

“Sekarang zaman sudah menjadi zaman digital, generasi sekarang generasi milenial yang lebih kreatif sehingga diharapkan mereka dapat menciptakan terobosan-terobosan baru untuk kedepannya,” ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Zainul Djumadin, M.Si. dalam sambutannya. Ia berharap, UNAS dapat mencetak mahasiswa yang berpotensi dalam bidang kewirausahaan sehingga anak muda tidak lagi bertumpu untuk menjadi pegawai negeri, tetapi dapat menciptakan lowongan pekerjaan.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan anak-anak SMK dan mahasiswa fakultas teknik dibidang IT dan mengetahui mengenai produk-produk teknologi keluaran Indonesia, sehingga untuk kedepan bisa terciptanya lulusan yang siap pakai. Saya berharap kita bersama sama menumbuhkan anak didik kita agar berguna bagi bangsa dan negara,” tutup Zainul.

Pada kesempatan yang sama, Perwakilan Kepala Sekolah SMK Jogjakarta, Drs. Rustamaji, M.Pd. mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan buah hasil kerjasama yang telah dilakukan sehingga dapat menjadi entry point bersama bahwa para pendidik tidak hanya melaksanakan pendidikan secara linier, tetapi juga berkaitan dengan kompetisi digital IT yang sedang berkembang. “Kami berharap agar poros Jakarta-Jogja bisa menjadi entrio baru untuk mengembangkan guru dan mahasiswa sehingga dapat membangun sinergi dan kolaborasi agar prestasi anak Indonesia bisa cepat melaju bersama,” ungkapnya.

Kegiatan ini diisi dengan presentasi mengenai Softskill oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Zainul Djumadin, M.Si., lalu disambung dengan pemaparan materi oleh narasumber diantaranya perwakilan dari Panasonic ITCOMM, Chairuddin, ST., Professional Telekomunikasi, Bhekti Prakoso, ST., S.Si., MT., Wakil Dekan FTS UNAS, Novi Azman, ST. MT. dan perwakilan Panasonic ITCOMM, Wahyu Sambodo.

Bertempat di Aula Blok Iantai IV UNAS, Keempat narasumber tersebut menjelaskan mengenai pemanfaatan IT di SMK dan menuju sekolah ungggul melalui pengelolaan leadership dan pembentukan karakter siswa SMK berbasis IT.

Ditemui usai kegiatan, Perwakilan SMK Perkebunan Yogyakarta Fajar Aji Saputra mengaku senang mengikuti kegiatan ini mengingat perkembangan teknologi seperti pesawat telepon dan fiber optic sudah mengalami kemajuan.

“Sekarang internet pesawat telepon sudah canggih banget, kita telepon bisa melihat orangnya secara langsung seperti teknologi PABX HTS32. Kemudian juga ada fiber optic yang mulai berkembang sekarang dimana kecepatan internet lebih cepat dan komunikasi lebih stabil,” ujarnya.

Pria 19 tahun itu berharap, dengan perkembangan IT yang semakin luas dapat menjadikan terobosan teknologi anak muda Indonesia lebih dikenal oleh negara asing sehingga menjadikan Indonesia lebih maju.*(NIS)