Amati Perjuangan Kemerdekaan Palestina, Aos Yuli Firdaus Raih Gelar Doktor Hubungan Internasional

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (UNAS) – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menambah lagi dosen bergelar Doktor. Adalah Dr. Aos Yuli Firdaus, S.I.P., M.Si meraih gelar doktor dari Universitas Padjajaran pada sidang terbuka promosi doktor yang dilaksanakan di Ruang Seminar Universitas Nasional dan Gedung Universitas Padjajaran pada Jumat (28/8) secara virtual.

Dr. Aos Yuli Firdaus, S.I.P., M.Si

Dr. Aos Yuli Firdaus, S.I.P., M.Si berhasil mendapat gelar doktor dengan pertanggungjawaban Disertasi berjudul “Strategi Harokah Al Muqowwamah Al Islamiyah (HAMAS) Dalam Perjuangan Kemerdekaan Palestina Dari Israel Tahun 2006-2007”.

Dalam paparan sidang, Aos menjelaskan bahwa perjuangan kemerdekaan Palestina dengan aksi kekerasan menjadi pilihan utama. “Ditengah situasi konflik perebutan wilayah, perjuangan kemerdekaan dengan  aksi kekerasan menjadi pilihan setelah upaya diplomasi/negosiasi dari kelompok-kelompok perjuangan kemerdekaan Palestina yaitu: Palestine Liberation Organization (PLO), Gerakan Perjuangan Islam/ Harokah Al Muqowamah Al Islamiyah (HAMAS) tidak efektif meredakan/menghentikan konflik, ” jelasnya dalam sidang.

Ia menambahkan strategi Hamas dalam perjuangannya perlu dirubah. “Perjuangan Hamas dalam konflik Palestina-Israel terutama dalam hal kelangsungan hidup, kemerdekaan, keutuhan wilayah dan keamanan bangsa dan negara Palestina menunjukan adanya kepentingan nasional yang sangat vital untuk diperjuangkan sehingga diperlukan perubahan strategi Hamas dalam perjuangannya. Perubahan dimaksud adalah bentuk dan strategi perjuangan Hamas dari konfrontatif menjadi kompromis/ kooperatif, ” tambahnya.

Pada sidang terbuka promosi doktor, Prof. Drs. Yanyan M. Yani. MAIR., Ph.D memaparkan Tim Promotor mempunyai alasan yang cukup untuk menerima Disertasi Promovendus. “Setelah melihat semangat juang dan memperhatikan keuletan Promovendus dalam kegiatan akademik yang terstruktur, kami bertiga sebagai Tim Promotor tentunya mempunyai alasan yang cukup untuk menerima Disertasi Promovendus sebagi sebuah karya ilmiah yang layak dijadikan sebagai dasar pemberian Gelar Doktor ,” papar Yanyan dalam sidang.

Dalam sidang promosi doktor ini, Aos diuji oleh sembilan dewan penguji yaitu Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata (Ketua Sidang), Dr. Wawan Budi Darmawan, S.IP., M.Si (Sekretaris Sidang dan Oponen Ahli/Penguji), Prof. Drs. Yanyan M. Yani, MAIR., Ph.D (Ketua Promotor/Penguji), Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, S.IP.,M.Si (Anggota Promotor/Penguji), Drs. Taufik Hidayat, M.S.,Ph.d (Anggota Promotor/Penguji), Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata (Oponen Ahli/Penguji), Dr. Akim, S.IP.,M.Si (Oponen Ahli/Penguji) dan Prof. Dr. H. Nandang Alamsah D., S.H., M.Hum. (Guru Besar/Penguji).

Aos Yuli Firdaus berhasil meraih predikat Sangat Memuaskan dalam sidang terbuka Promosi Doktor (*TIN)

Berita Terbaru
Chat with Us!