FTKI Gelar Sarasehan : Bangun Iklim Riset dan Penelitian di Lingkungan Fakultas

Jakarta (Unas) – Dalam rangka membangun budaya riset dilingkungan fakultas, Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) mengadakan sarasehan penyusunan roadmap penelitian dosen di Ruang Rapat Cyber Kampus Unas Pejaten, Rabu, 12 Juli 2023.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Dekan FTKI Unas Dr. Septi Andryana, S.Kom. MMSI., Wakil Dekan FTKI Unas Aris Gunaryati, S.Si., MMSI., Ketua Program Studi Sistem Informasi Andrianingsih, S.Kom., M.M.S.I., Ketua Program Studi Informatika Ratih Titi Komala Sari.,M.M., MMSI., Sekretaris Program Studi Informatika Rima Tamara Aldisa, S.Kom., M.Kom.

Kemudian, Ketua ICT Research Center FTKI Dr. Mohammad Iwan Wahyuddin, S.T., M.T., Sekretaris ICT Research Center FTKI Djarot Hindarto, S.Kom, M.Kom, Ketua Unit Penjaminan Mutu Sigit Wijanarko, S.T., M.Kom., Kepala Laboratorium Blended Learning Benrahman, S.Kom, MMSI, Kepala Laboratorium Artificial Intelligence Agus Iskandar, S.Kom., M.Kom., dan para dosen di lingkungan FTKI Unas.

Dalam kegiatan ini turut mengundang narasumber yaitu Guru Besar Bidang Computer Science, Faculty of Science and Technology, Sampoerna University/Chair of IEEE Computational Intelligence Society (CIS) Indonesia Chapter Prof. Ir. Teddy Mantoro, M.Sc., Ph.D., SMIEEE.

Acara ini diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh Ketua ICT Research Center FTKI Unas Dr. Mohammad Iwan Wahyuddin, S.T., M.T., selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan FTKI Unas Dr. Septi Andryana, S.Kom. MMSI.

Dalam sambutannya, Septi mengatakan kegiatan sarasehan ini merupakan lanjutan dari pendampingan yang sebelumnya sudah pernah dilaksanakan. Ia melanjutkan, pendampingan ini akan terus dilaksanakan dalam rangka pembentukan FTKI Research Group, meski memerlukan waktu yang panjang.

“Harapan kami setiap dosen memiliki roadmap penelitian yang jelas sehingga nanti bisa mendapatkan berbagai funding/hibah-hibah hingga publikasi internasional terindeks Scopus Q1. Saya berharap sekali, setelah ini kita dapat membentuk tim dan menyiapkan beberapa proposal hibah,” kata Septi.

Baca Juga :   BPM Unas Terima Kunjungan Benchmarking STTI NIIT I-Tech

Sebelum menutup sambutannya, Ia mengatakan bahwa FTKI Research Group merupakan cita-cita yang sudah lama dan belum terwujud hingga saat ini. “Semoga dengan didampingi langsung oleh Prof. Teddy cita-cita ini nantinya dapat terwujud hingga terbentuknya UNAS Research Center,” ungkapnya.

Setelah sesi sambutan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber Prof. Ir. Teddy Mantoro, MSc., PhD., SMIEEE yang sangat berpengalaman sebagai Ketua Tim Penyusun Roadmap ICT, BSSN dan Industri Pertahanan. Adapun yang disampaikan terkait dengan hal-hal penting dalam roadmap penelitian diantaranya Body of Knowledge (BoK) – Center of Excellence (CoE), merefer ke renstra institusi, fakultas, dan prodi, fokus penelitian dosen, jenjang karir dosen, research unit, research group, research center, funding: simlitabmas: roadmap-output oriented serta membangun kolaborasi.

Setelah pemaparan materi, peserta sarasehan diberikan penugasan menyusun draft roadmap penelitian masing-masing sesuai dengan niche area yang dipilih dari BoK program studi. Kemudian dilakukan asesmen singkat serta penugasan lanjutan. Acara ini selesai pada pukul 12.45 WIB ditandai dengan foto bersama narasumber, pimpinan fakultas, prodi, dan para dosen FTKI Unas. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!