FBS dan Pusat Pengkajian Jepang Gelar Public Lecture pada Kerjasama IFEME

Jakarta (Unas) – Fakultas Bahasa dan Sastra dan Pusat Pengkajian Jepang Bekerja Sama dengan International Foundation Of Education and Medical Exchange (IFEME) menyelenggarakan Public Lecture dengan tema “Manajemen Jepang Kaizen dan 5S” pada Jumat, (06/10) di Exhibition Room Unas. Kegiatan ini diselenggarakan untuk menggali sudut pandang baru dari para narasumber serta bertukar ilmu antar peneliti.

Dalam sambutannya Ketua Pusat Pengkajian Jepang Meizar Abdullah, M.A menjelaskan bahwa public lecture ini merupakan kegiatan perkuliahan yang menghadirkan praktisi dari industri/instansi serta pakar dari akademisi untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa dan dosen dari berbagai jurusan. Kuliah umum berbentuk perkuliahan dan merupakan bagian dari proses pembelajaran yang berkaitan dengan bidang ilmu atau bidang konsentrasi sebuah program studi.

Meizar Abdullah, M.A melanjutkan bahwa tujuan dari kuliah umum “memberikan informasi pada mahasiswa tentang dunia kerja atau informasi lainnya yang dibutuhkan dan meningkatkan wawasan dan kompetensi mahasiswa dalam bidang mata kuliah tertentu,” ucap Meizar.

Tentang tema yang diangkat, Narasumber Stevanie Junian Djaja Trainer Eksekutif Internasional Toyota menjelaskan bahwa asal Kaizen dari bahasa Jepang dengan arti mengubah situasi yang  buruk menjadi situasi yang lebih baik dan berkelanjutan, Kaizen tidak pernah berhenti.

Lanjut Stevanie, terdapat 6 (enam) poin pada Kaizen yaitu 1.)Mengajukan pertanyaan kecil untuk mengatasi rasa takut dan memicu inspirasi, 2.)Menggunakan pemikiran kecil, 3.) Melakukan tindakan kecil untuk memulai perubahan dengan potensi keberhasilan tinggi, 4.)Memecahkan masalah kecil sebelum masalah tersebut menjadi besar, 5.)Memberikan imbalan kecil dan 6.)Mengapresiasi momen kecil.

“Manusia tidak bisa hidup sendiri, manusia tidak bisa sukses sendiri. Harus mempunyai team work yang saling memperingati yang saling membantu,” ujar Stevanie.

Baca Juga :   Seminar Nasional "Internet of Things (IoT) For Industrial Revolution 4.0"

Kegiatan ini diakhiri dengan Foto Bersama dan Pemberian Plakat beserta Souvenir Unas yang diberikan kepada Narasumber Stevanie Junian Djaja Trainer Eksekutif Internasional Toyota. (SAF)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!