Fakultas Ilmu Kesehatan UNAS Adakan Pelatian OSCE Selama Sepekan

Jakarta (UNAS) – Pada tanggal 21-28 Oktober 2021, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nasional mengadakan pelatihan  metode Objective Structured Clinical Examination (OSCE) di ikuti oleh para dosen dan mahasiswa FIKES. OSCE merupakan bagian dari sistim assesment dengan tujuan untuk menilai kompetensi dan ketrampilan klinis mahasiswa secara objektif dan terstruktur, untuk menilai komponen kompetensi klinik.

Dr. Retno Widowati, M.Si.,

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Dr. Retno Widowati, M.Si., menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. “ Karena kami bertekat untuk melaksanakan semua program dan proses yang ada di profesi ners dan kebidanan dengan sebaiknya. Kami ingin memiliki kwalitas yang tinggi yang bisa sejajar dengan profesi ners dan kebidanan di kampus lain, ” kata Retno.

Kegiatan pelatihan OSCE dilakukan dengan online dan offline, pelaksanaan pelatihan dan ujian OSCE ini terdiri dari beberapa stasion.  Station uji ini adalah semua stase diikuti oleh semua mahasiswa dalam masa perkuliahan. Mahasiswa harus mengikuti uji kompetensi CBT sebelum mengikuti ujian OSCE.

Pada kesempatan yang sama ketua pelaksana Drs. Jumiarni Ilyas, M.Kes menyampaikan metode ini salah satu bagian penting dalam pendidikan profesi ners dan kebidanan. “ Ini sesuatu hak yang patut kita syukuri dan kita dukung sepenuhnya, mudah-mudahan bisa diimplementasikan dimasa depan, ” ujarnya.

Uji kompetensi merupakan upaya untuk menjamin lulusan bidan yang kompeten dan terstandar  secara nasional dengan menguji pengetahuan dan keterampilan. Soal uji kompetensi yang baik harus disusun berdasarkan kaidah tinjauan soal melalui proses item development. Osce merupakan bagian yang berperan dalam menilai keterampilan klinis mahasiwa secara objektif dan terstruktur.

Ns. J.M. Metha, Amd.Keb, S.Kep, M.Med.Ed

Menurut Ns. J.M. Metha, Amd.Keb, S.Kep, M.Med.Ed dalam materinya ada beberapa kunci sukses OCSE salah satunya adalah disiplin. “ Kunci sukses OSCE adalah, displin, tepat waktu, kerjasama menjaga kerahasiaan, tanggap, integritas dan komitmen,” papar Metha. (*TIN)

Baca Juga :   Penyerahan SK Pengangkatan Guru Besar Prof. Dr. Drs. Adjat Daradjat, M.Si.
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!