BPK Unas Lakukan Coaching RPS MBKM Mandiri bagi Prodi Sastra Indonesia dan Fakultas Hukum

BPK Unas Lakukan Coaching RPS MBKM Mandiri bagi Prodi Sastra Indonesia dan Fakultas Hukum

Jakarta (Unas) – Badan Pengembangan Kurikulum (BPK) Universitas Nasional (Unas) lakukan coaching Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia dan Fakultas Hukum (FH), di Ruang Rapat Cyber Library Unas, Kamis (01/09).

Kegiatan ini diisi dengan workshop penyusunan RPS berbasis Smart Teaching Industry yang disampaikan oleh Kepala BPK Unas, Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., materi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing lulusan melalui MBKM Mandiri.

Kepala BPK Unas, Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., memberikan arahan terkait dengan Coaching RPS MBKM Mandiri .

“Semester depan Prodi Sastra Indonesia dan Fakultas Hukum akan menyelenggarakan MBKM Mandiri bagi mahasiswa. Kami dari BPK akan memfasilitasi bagaimana menyusun RPS-nya, sehingga kualitas penyelenggaraan program tersebut terjamin baik dan sesuai dengan yang ditetapkan dari Kemendikbud”, jelas Heni.

Ia menambahkan, hal pertama yang bisa dilakukan ialah dengan re-desain rencana pembelajaran menjadi RPS yang baru disesuaikan dengan kurikulum MBKM. RPS baru ini harus memiliki learning path yang jelas bagi mahasiswa setiap harinya.

“Diharapkan setelah workshop ini dosen mampu merancang pembelajaran inovasi dan menyusun RPS Blended sesuai dengan SN-Dikti dan dengan pendekatan Outcome Based Education atau OBE”, tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unas, Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., ,M.M., mengatakan, saat ini pimpinan dan dosen tengah membenahi kurikulum sesuai dengan peraturan baru dalam program MBKM.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unas, Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., ,M.M., memeberikan masukan kepada dua Fakultas ini terkait dengan Coaching RPS MBKM Mandiri.

“Melalui MBKM Mandiri ini kami mendorong fakultas maupun prodi untuk menyalurkan mahasiswanya dengan belajar di luar kampus melalui kerja sama antarinstansi perguruan tinggi dan dapat dikonversi ke mata kuliah. Hal ini juga dilakukan karena tidak semua mahasiswa dapat mengikuti MBKM yang ditawarkan oleh pemerintah,” katanya dalam sambutan.

Baca Juga :   VIRTUAL TRAINING CONTRACT DRAFTING BATCH 17

Suryono melanjutkan, penyusunan RPS sendiri merupakan bagian dari instrumen dosen yang menjadi pegangan dalam proses pembelajaran. “Dengan menyusun RPS baru ini diharapkan tidak hanya teori saja yang diterangkan melainkan juga bagaimana caranya agar para lulusan siap menghadapi dunia kerja nantinya”, pungkasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh De kan Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Unas, Dr. Drs. Somadi Sosrohadi, M.Pd., Ketua Prodi Sastra Indonesia, Drs. Arju Susanto, M.Pd., Wakil Dekan Fakultas Hukum, Dr. Mustakim, S.H., M.H., Kaprodi Ilmu Hukum, Masidin S.H., M.H., serta beberapa dosen dari FBS dan FH. (NIS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!