Fakultas Biologi Selenggarakan Kegiatan PLBA Secara Onsite

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Fakultas Biologi Selenggarakan Kegiatan PLBA) secara on-site

Jakarta (Unas) – Memasuki dunia perguruan tinggi merupakan suatu perubahan besar pada hidup seseorang. Perubahan status dari siswa menjadi mahasiswa mengharuskan seseorang untuk beradaptasi dengan budaya baru di perguruan tinggi. Mahasiswa akan dihadapkan dengan sistem pendidikan serta budaya yang berbeda dari lingkungan sekolahnya terdahulu, sehingga dengan mengenal lingkungan perguruan tinggi beserta budaya yang berlaku diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam proses adaptasi dan pembelajarannya di perguruan tinggi.

Proses pembelajaran yang berlangsung di perguruan tinggi tidak hanya berupa pembelajaran akademis antara mahasiswa dengan dosen. Mahasiswa dapat memanfaatkan perguruan tinggi sebagai tempat melatih pola pikir dan keterampilan, mengekspresikan ide dan gagasan kreatif, serta mengembangkan minat dan bakat yang kemudian akan berguna jika diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

Untuk memperkenalkan lingkungan akademik beserta kegiatan ekstrakurikuler yang ada kepada mahasiswa baru tahun angkatan 2022/2023 di Fakultas Biologi Universitas Nasional (Unas), Fakultas yang berdiri pada tahun 1949 itu menyelenggarakan Pengenalan Lingkungan Budaya Akademik (PLBA) secara on-site pada masa peralihan normal dari masa pandemi Covid-19, yang dilaksanakan di gedung Auditorium Cyber Library Unas, pada Sabtu 24/09/2022. PLBA kali ini mengusung tema “Biologi Sebagai Pintu Utama Ilmuwan Yang Berkarakter”.

Selain 45 mahasiswa baru angkatan 2022-2023 yang hadir, kegiatan ini juga dihadiri oleh para orang tua ataupun wali. Pada acara ini dihadiri juga pimpinan fakultas, dosen struktural, perwakilan mahasiswa Fakultas Biologi dari angkatan 2020 dan 2021.

Suasana PLBA Fakultas Biologi di Gedung Cyber UNAS

Acara dimulai pada pagi hari yang dibuka oleh MC yaitu Syiraaz Banafsaj Naca dan Karina Mutiara Amirah yang merupakan Mahasiswi Fakultas Biologi Unas tahun angkatan 2021 yang setelahnya diputarkan lagu Indonesia Raya dan juga Mars Unas. Pembacaan doa oleh Prof. Dr. Dedy Darnaedi dengan harapan acara yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar sampai akhir. Dilanjutkan dengan sambutan Ketua Pelaksana PLBA Fakultas Biologi Unas 2022 Ahmad Ramadhan Nasution dan sambutan dari Wakil Dekan Fakultas Biologi Unas Dr. Sri Endarti Rahayu, M.Si. Ia juga menyampaikan gambaran umum sekilas program studi Biologi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Biologi Unas Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si., mengatakan selama mahasiswa belajar di kampus, mahasiswa perlu melatih dan mengasah kompetensinya sehingga nantinya setelah lulus dari prodi biologi mahasiswa memiliki kemampuan yang optimal. “Mahasiswa perlu mengetahui apa potensi yang dimiliki, kemudian memperkuat kompetensinya selama pembelajaran di Unas dan selanjutnya setelah lulus mempunyai kemampuan kompetitif global,” katanya.

Selain memberikan sambutan dan membuka acara kegiatan, Tatang juga memperkenalkan para pimpinan lainnya serta para dosen.

Acara dilanjut dengan pemberian Materi Kuliah Umum sebagai  penambah wawasan, bahwa Biologi itu menarik dan penting dari masa ke masa serta memberikan motivasi agar mahasiswa mampu untuk meningkatkan kompetensinya dan memiliki kemampuan kompetitif.

Topik pertama adalah “Perjalanan Biologi dari dulu, sekarang dan di masa yang akan datang” oleh Guru Besar Fakultas Biologi Unas Prof. Dr. Dedy Darnaedi yang juga menjabat sebagai ketua Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Biologi Universitas Nasional (IKA FABIONA) periode 2019-2024. Materi kedua disampaikan oleh Gemma Irryandi, M.MM dengan judul “Peluang lulusan Prodi S1 Biologi Unas” yang diselingi juga Game tebak gambar yang dimana sesi tersebut dimoderatori oleh Drs. Gautama Wisnubudi, M.Si.

Pada sesi selanjutnya terdapat Presentasi Kegiatan Kurikulum dan Kemahasiswaan oleh Ketua prodi Biologi Drs. Gautama Wisnubudi, M.Si. dilanjut perkenalan laboratorium beserta isinya oleh masing-masing kepala laboratorium yaitu Lab. Zoologi oleh Dra. Hasni Ruslan, M.Si., Lab. Kimia oleh Astri Zulfa S.Si, M.Si., Lab. Botani oleh Dra. Endang Wahyuningsih, M.Si. dan Lab. Mikrobiologi dan Genetika oleh Dra. Noverita, M.Si.

Acara selanjutnya, Presentasi Himpunan Mahasiswa Biologi UNAS (HIMABIO) oleh Rahmi Mahira yang menjelaskan kegiatan-kegiatan yang menjadi budaya pada Fakultas Biologi Unas dan Organisasi-organisasi yang ada di dalamnya. Selanjutnya terdapat sesi Perkenalan Mahasiswa beserta sang wali oleh Astri Zulfa S.Si., M.Si. selaku Dosen Pembimbing Akademik Mahasiswa Fakultas Biologi UNAS tahun angkatan 2022 yang  diselingi diskusi tanya jawab. Acara sesi pagi ditutup berupa Presentasi mengenai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) oleh Wakil Dekan Fakultas Biologi Dr. Sri Endarti Rahayu M.Si.

Acara sesi sore berupa Presentasi dari masing-masing tujuh Badan Semi Otonom (BSO) berupa Kelompok Studi Mahasiswa yang ada di bawah Fakultas Biologi Unas antara lain :

(1.) Forum Studi Primata “Lutung” (FSP) dengan Pembina Dr. Sri Suci Utami Atmoko dan di ketuai oleh Dimas Firdiyanto.

(2.) Marine Conservation Club (MCC) dengan Pembina Drs. Gautama Wisnubudi, M.Si. dan di ketuai oleh Johan Faruq.

(3.) Kelompok Studi Penyu Laut “Chelonia (KSPL) dengan Pembina Drs. Imran S.L. Tobing, M.Si. dan di ketuai oleh Fara Azzahra.

(4.) Kelompok Studi Ekologi Perairan (KSEP) dengan Pembina Astri Zulfa S.Si., M.Si. dan di ketuai oleh Farhan Apriansyah.

(5.) Biological Bird Club “Ardea (BBC) dengan Pembina Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si. dan di ketuai oleh Muhammad Hudan Assalam.

(6.) Kelompok Studi Herpetologi “Sahul” (KSH) dengan Pembina Dr. Fitriah Basalamah, M.Si. dan di ketuai oleh Aqil Rahmadana.

(7.) Bioindustry Innovation Club (BIC) dengan Pembina Dra. Yulneriwarni, M.Si. dan di ketuai oleh Seviyani.

Setelah selesai presentasi BSO, acara dilanjut dengan menyanyikan dua lagu FABIONA secara bersama-bersama yaitu “Bang None” dan “Ucap Salam” yang diiringi alunan gitar dari gitaris Sulastri Friscilla (Mahasiswa Fakultas Biologi Unas tahun angkatan 2021) dan Alissa Putri Permatasari (Mahasiswa Fakultas Biologi Unas tahun angkatan 2020). Kemudian acara di lanjut dengan sesi Pengenalan Keluarga FABIONA yang berupa Sharing Session pencapaian-pencapaian dan pengalaman suka duka selama berkuliah di Fakultas Biologi Unas yang diceritakan oleh Alumni dan Senior Aktif oleh Tazki Umaira Aprilia (Mahasiswa Fakultas Biologi Unas tahun angkatan 2018), Githa Nur Safitri (Mahasiswa Fakultas Biologi Unas tahun angkatan 2018), Tri Rahmaeti S.Si, M.Si (Mahasiswa Fakultas Biologi Unas tahun angkatan 2014), Bilal Yogaswara (Mahasiswa Fakultas Biologi Unas tahun angkatan 2015).

Sebagai acara penutupan dilakukan penyerahan sertifikat secara simbolik kepada peserta mahasiswa baru yaitu Nasya Aliya Anshari dan Acho Putra Aliefasiwa oleh Dr. Sri Endarti Rahayu M.Si. lalu acara diakhiri dengan foto bersama antara Peserta, Pemateri BSO, Mahasiswa Aktif, Alumni dan juga Panitia.(ARN/DMS)

Berita Terbaru
Chat with Us!