Fakultas Bahasa dan Sastra UNAS Beri Pelatihan Pembuatan Konten Kreatif Untuk Asah Soft Skill

Pelatihan Pembuatan Konten Kreatif

Jakarta (UNAS) – Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional mengadakan pelatihan pembuatan konten kreatif di Laboratorium Bahasa, Universitas Nasional. Kegiatan yang dilakukan selama dua hari pada Selasa dan Rabu (28-29 Juni 2022) dilakukan bersama dengan empat himpunan yang ada di Fakultas Bahasa dan Sastra: Himpunan Mahasiswa Bahasa Jepang (Himabaja), Himpunan Mahasiswa Sastra Indonesia (Himasina), Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris (Himasasing), dan Himpunan Mahasiswa Bahasa Korea (Himabakor) serta Asisten Laboratorium Bahasa.

Sebagai koordinator kegiatan, Menurut Intan Firdaus, S.S., M.Hum., menjelaskan kegiatan pelatihan pembuatan konten kreatif bertujuan untuk memberikan soft skill kepada mahasiswa dan mengisi konten web Fakultas. “Dengan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman guna mengasah soft skill dalam bidang teknologi dan jurnalistik mahasiswa melalui hima dan Aslab. Selain itu juga bisa mengisi web Fakultas Bahasa dan Sastra dan Web Prodi dengan konten-konten yang menarik dan bisa digunakan untuk membuat tim redaksi sendiri oleh mahasiswa”, jelas Intan dalam wawancara.

Proses pelatihan yang diikuti oleh para Mahasiswa FBS UNAS
Imam Mawardi Sumarsono, A.K.S. Beri Arahan Penulisan Berita kepada Peserta Pelatihan Penulisan Konten Kreatif Himpunan Mahasiswa Sastra di Laboratorium Bahasa, Selasa (29/6)

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan ini mahasiswa bisa mengembangkan soft skillnya dibidang ilmu jurnalistik dan web fakultas bisa selalu update. “Harapan dari kegiatan ini, semoga Web Fakultas dan Web Prodi bisa selalu update dengan konten-konten yang dibuat oleh Hima dan mahasiswa bisa berbagi ilmu jurnalistik kepada teman-teman yang lain”, paparnya

Kegiatan pelatihan Pembuatan Konten Kreatif diisi oleh pemaparan materi mengenai pengelolaan website oleh Sutikman, S.T., M.Kom., dan Della Diniyati, S.Kom dari Badan Pengelola Sistem Informasi (BPSI) Unas pada hari pertama, dan di hari kedua dilanjutkan pemaparan materi mengenai panduan penulisan berita yang disampaikan Imam Mawardi Sumarsono, A.K.S.  sementara penyampaian materi photography dengan memanfaatkan teknologi smartphone disampaikan  oleh Adi Agus Premono, S.Sn.

Baca Juga :   Bekali Mahasiswa Dengan Berwirausaha, Inkubator Wirausaha Mandiri Adakan Unas Entrepreneur Expo

Dalam materinya, Adi Agus Premono, S.Sn menjelaskan mengenai sejarah ponsel hingga smartphone dan teori mengenai photography yang bisa dipraktekkan langsung oleh peserta. “Pada pelatihan itu mahasiswa mendapatkan materi tentang sejarah ponsel hingga smartphone dan spek pada smartphone, seperti processor, Ram, Rom, fitur kamera dan Video, kemudian mahasiswa diberi materi mengenai teori photography lalu mahasiswa diberikan tugas untuk memotret dengan memberikan cerita pada fotonya. Pada tugas kali ini dilakukan secara berkelompok, ada 8 foto yang mereka harus buat dengan teknik fotografi dan komposisi”, ulasnya

Tim BPSI yang sedang memberikan pelatihan
Tim BPSI yang sedang memberikan pelatihan.

Ia juga menambahkan, “tiap foto yang mereka buat harus memiliki cerita yang harus mereka tulis, tugas seperti ini diberikan dengan alasan agar para mahasiswa yang ikut pada pelatihan ini bisa dengan baik memotret kejadian dan bisa dijelaskan pada sebuah cerita”, tutup Adi.

Sementera narasumber lain Imam Mawardi Sumarsono, A.K.S. memamparkan perkembangan jurnalistik dan platfom media. “Jurnalistik adalah pengumpulan bahan berita (peliputan), pelaporan peristiwa (reporting), penulisan berita (writing), penyuntingan naskah berita (editing), dan penyajian atau penyebarluasan berita (publishing/broadcasting) melalui media”. Jelasnya kepada peserta pelatihan, Selasa (29/6).

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!