Dukung Pengembangan Karir Dosen, BSDM Sosialisasikan Laman SISTER

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Dukung Pengembangan Karir Dosen, BSDM Sosialisasikan Laman SISTER

Jakarta – Dalam rangka mendukung pengembangan karir dosen, BSDM (Biro Administrasi Sumber Daya Manusia) Universitas Nasional menyelenggarakan sosialisasi laman Sister (Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi) pada Selasa (04/01) melalui zoom meeting. Dengan sistem ini, setiap dosen dapat membangun portofolio yang mengkompilasikan seluruh aktivitas tridarma yang pernah dilakukannya. Melalui Sister juga, portofolio tersebut dipakai untuk proses-proses pengembangan karir dosen.

Adapun layanan yang bisa didapatkan di aplikasi SISTER adalah data- data dan informasi pendidik seperti portofolio, perubahan data dosen serta segala proses lain yang memang terkait dengan kepangkatan juga karir dari para dosen. Diharapkan Sister ini dapat mengumpulkan data serta informasi yang nantinya akan berguna bagi tenaga pengajar yang membutuhkannya.

Aplikasi Sister UNAS
Prof. Dr. Drs. Eko Sugiyanto, M.Si. berserta tim BSDM Unas

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan SDM Prof. Dr. Drs. Eko Sugiyanto, M.Si., mengatakan bahwa kedepan semua pemberkasan untuk kepentingan BKD (Beban Kerja Dosen) dan kepangkatan cukup menggunakan data Sister. Ia juga menyampaikan bahwa selama ini, pengisian data diri dilakukan secara manual dan diharapkan setelah ada Sister ini, dapat memudahkan para dosen dalam pengisian data diri.

“Harapan kita nanti, ketika bapak/ibu telah memahami sistem ini dan sekaligus mengoptimalkan sister ini suatu saat ketika bapak/ibu menginginkan kenaikan pangkat dari lektor ke lektor kepala menjadi lebih mudah untuk tingkat Universitas maupun di tingkat LLDikti dan DIKTI,” ujarnya.

Dalam sosialisasi ini semua dosen dipandu mendaftarkan diri melalui laman sister.unas.ac.id menggunakan akun nomor NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional) masing masing dosen dan email resmi dari Universitas. Setelah semua dosen berhasil memiliki akun yang bersangkutan bisa memasukkan portofolio penelitian, karya ilmiah dan pengajaran secara mandiri.

Sementara itu, Kepala BSDM Ir. Tri Waluyo, M.Agr., menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai penyegaran kembali dan mendorong para dosen untuk memaksimalkan sistem ini untuk keperluan data diri.

Aplikasi Sister UNAS
Zoom para Dosen UNAS

Kegiatan yang dipandu oleh tim BSDM ini, diikuti oleh seluruh dosen tetap di lingkungan Universitas Nasional. (*DMS)

foto : https://www.unas.ac.id/galeri-foto/sosialisasi-pengisian-portofolio-dosen-pada-laman-sister/

Berita Terbaru
Chat with Us!