Dorong Pengembangan SDM Melalui Jabatan Akademik, FIKES Lakukan Rapat Kerja 2022

FIKES Lakukan Rapat Kerja 2022

Jakarta (Unas) – Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Nasional (Unas) melangsungkan rapat kerja tahun 2022 secara onsite, pada 24 s.d 27 Juli 2022, di Menara Unas, Ragunan. Kegiatan rutin ini bertujuan untuk mendorong pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Unas, melalui peningkatan jabatan akademik.

Dr. Edi Sugiono, S.E, M.M., Selaku Kepala Biro SDM memberikan info terkait jabatan akademik dosen.

Kepala Biro SDM Unas, Dr. Edi Sugiono, S.E, M.M., mengatakan, jabatan akademik dosen merupakan sebuah wewenang bagi dosen yang didasarkan pada keahlian tertentu, khususnya bidang kesehatan bagi FIKES.

“Untuk mendapatkan jabatan akademik tersebut, dosen harus mengajukan penilaian angka kredit dari kegiatan yang sesuai diajukan tiap jenjangnya. Adapun kegiatan-kegiatan yang perlu di dorong seperti publikasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” jelas Edi dalam paparannya pada Rabu (27/07).

Ia menambahkan, selain bermanfaat bagi karir pribadi dosen, kenaikan jabatan ini juga merupakan poin penting dalam syarat khusus akreditasi program studi dan universitas. “Fakultas juga lebih mudah untuk mengajukan pembukaan program studi baru untuk S2, dapat memenuhi syarat hibah-hibah penelitian dan kompetensi dosen, dan meningkatkan poin penilaian kinerja fakultas serta klusterisasi,” tuturnya.  

Dr. Retno Widowati, M.Si., Dekan Fikes saat memberikan sambutan dalam rapat kerja Fikes 2022.

Sementara itu, Dekan FIKES Unas, Dr. Retno Widowati, M.Si., mengatakan, peningkatan  pendidikan dan jabatan fungsional dosen merupakan bagian dari rencana kerja yang telah disusun oleh FIKES kedepannya. Oleh sebab itu, dilakukan rapat kerja untuk membahas prosedur peningkatan jabatan akademik tersebut, dan beberapa hal lainnya sesuai dengan prosedur SDM Unas.

“Kami juga melakukan presentasi laporan kinerja dan target capaian masing-masing program studi, persamaan persepsi mengenai road map FIKES, serta evaluasi, sehingga apa yang menjadi harapan FIKES kedepannya bisa tercapai khususnya dalam upaya peningkatan karir pendidikan dosen,” ujarnya dalam sambutan.

Baca Juga :   Coaching Clinic: Penulisan Proposal Disertasi Bidang Informatika dan Komputer

Retno melanjutkan, adapun beberapa rencana kerja lainnya yang telah disusun oleh FIKES yakni melangsungkan workshop item development untuk Ners dan Bidan, workshop portofolio, kurikulum dan RPS, peningkatan sarana dan prasarana, Klinik Pratama Unas, peningkatan kualitas hibah penelitian dan PKM,  peningkatan mutu paper dosen, indeks publikasi dosen, dan lain sebagainya.

Pemaparan laporan disampaikan oleh masing-masing Kepala Program Studi yakni Ns. Dayan Hisni, S.Kep., M.N.S., selaku Kaprodi Sarjana Ilmu Keperawatan, Dr. Vivi Silawati, SST., S.KM., MKM., selaku Kaprodi Sarjana Terapan Kebidanan, Ns. Naziyah, S.Kep., M.Kep., selaku Kaprodi Pendidikan Profesi Ners, dan Sri Dinengsih, S.Si.T., M.Kes, selaku Kaprodi Pendidikan Profesi Bidan.

Selain laporan dan rencana kerja, adapun hal yang disampaikan oleh para Kaprodi tersebut ialah mengenai kurikulum, jumlah dosen dan mahasiswa, proses pembelajaran, target capaian, dan lulusan.

Kegiatan ini juga diisi dengan pemaparan analisa hasil monitoring dan evaluasi SPMI FIKES oleh Unit Penjaminan Mutu (UPM) FIKES, Ns. Milla Evelianti Saputri, S.Kep., M.KM., pemaparan mengenai penelitian di fakultas oleh Kepala Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama Kesehatan (PPPMK) FIKES, Putri Azzahroh, S.ST., M.Kes., serta pemaparan mengenai laporan publikasi oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Kesehatan (PUSDATIN) FIKES, Febry Mutiariami Dahlan, S.ST., M.Keb.

Rapat ini diikuti oleh dosen program studi Sarjana Terapan Kebidanan dan Profesi Bidan pada hari pertama, dosen program studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners pada hari kedua, serta seluruh dosen FIKES Unas pada hari ketiga.(NIS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!