Dorong Penerapan Sekolah Hijau, Dosen Prodi Biologi Laksanakan PKM

Jakarta (UNAS) – Dosen Program Studi Biologi melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sebagai wujud implementasi tridharma perguruan tinggi. Kegiatan PKM dilaksanakan di SMK Al-Wafa, Ciwidey, Jawa Barat, pada Kamis, (2/5/2024) bersamaan dengan kegiatan KKL Mahasiswa Prodi Biologi di Kawasan Gambung,  Cagar Alam Gunung Tilu, Jawa Barat.

Tema yang diangkat dalam kegiatan PKM ini yaitu “Sekolah Hijau : Eksplorasi Keanekaragaman Hayati Sebagai Dasar Sekolah Berkarakter Hijau”.

“Kami telah melaksanakan kegiatan PKM di SMK Al Wafa, Ciwidey, Jawa Barat dengan topik sekolah hayati tentang eksplorasi keanekaragaman hayati yang bernuansa hijau. Adapun beragam topik yang disampaikan oleh para dosen mulai dari tentang keanekaragaman hayati seperti jamur, insekta serta materi tentang bagaimana cara membuat artikel yang baik,” ujar Ketua Program Studi Biologi Dra. Noverita, M.Si. kepada tim Humas Unas.

Dekan Fakultas Biologi dan Pertanian Dr. Fachruddin M. Mangunjaya, M.Si. memberikan sambutan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dosen program studi Biologi UNAS di SMK Al-Wafa, Ciwidey, Jawa Barat.

Ia melanjutkan, salah satu tujuan dalam PKM ini untuk memperkenalkan keanekaragaman hayati yang ada di sekitar wilayah SMK Al Wafa. Menurutnya, letak sekolah yang berada di dekat cagar alam menyimpan banyak keanekaragaman hayati yang beragam. Sehingga, hal itu perlu diketahui oleh siswa-siswi agar ikut serta menjaga kelestariannya. “Sangat perlu menyampaikan kepada masyarakat luas atau kalangan pelajar bahwa banyak keanekaragaman yang ada di sekitarnya,” ucap Noverita.

Adapun dosen yang ikut dalam kegiatan PKM ini diantaranya yaitu Prof. Dr. Dra. Sri Endarti Rahayu, M.Si., Prof. Dr. Dedy Darnaedi, Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si., Dr. Ir. Harini Nurcahya, M.P., dan Dr. Fitriah Basalamah, M.Si. Kemudian, Didik Prasetyo, S.Si., M.Si., Ph.D., Dra. Sri Handayani, M.Si, Dra. Hasni Ruslan, M.Si., Dra. Endang Wahyuningsih, M.Si., Astri Zulfa, S.Si., M.Si., dan Alvira Noer Effendi, S.Si., M.Si.

Baca Juga :   Reformulasi Pembangunan Nasional Model GBHN, Magister Ilmu Politik Langsungkan Seminar Kebangsaan

Dekan Fakultas Biologi dan Pertanian Dr. Fachruddin M. Mangunjaya, M.Si. mengatakan, dalam PKM ini para dosen memberikan pemahaman bagaimana memperkuat kawasan konservasi dengan partisipasi dari masyarakat untuk menjaga kawasan. Ia menambahkan, Fakultas Biologi dan Pertanian UNAS aktif dalam gerakan mendukung konservasi sehingga materi yang disampaikan diselaraskan dengan semangat konservasi.

Kegiatan PKM yang dilaksanakan di SMK Al-Wafa mendapat sambutan yang baik dari Kepala Sekolah SMK Al-Wafa Tintin Hermawati. Menurutnya, tema kegiatan PKM yang digagas relevan dengan misi SMK Al-Wafa. “Terima kasih sebesar-besarnya kepada Universitas Nasional Prodi biologi yang telah menggagas kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di SMK Al Wafa. Konsep sekolah hijau yang diusung sangat relevan dengan misi sekolah Al Wafa dalam menciptakan lingkungan yang ramah dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Kepala Sekolah SMK Al-Wafa Tintin Hermawati memberikan sambutan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dosen prodi Biologi.

Ia juga mengungkapkan, dalam kegiatan PKM ini siswa-siswi mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda dan bernilai positif serta mengetahui praktik-praktik ramah lingkungan yang diterapkan. Sehingga hal itu dapat meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab siswa terhadap lingkungan. “Harapannya, dengan adanya kegiatan PKM UNAS kami dapat menerapkan dan mempraktikkan apa yang telah mereka (siswa/siswi) pelajari dalam kehidupan sehari-hari. Karena kegiatan ini sangat relevan dan menjadi dukungan terhadap program SMK Al Wafa dimana kami berkomitmen untuk bisa menciptakan lingkungan hijau serta menekankan penggunaan sampah plastik di lingkungan sekitar sehingga dapat mencetak siswa yang dapat menjadi agen perubahan di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar dalam menjaga kelestarian lingkungan,” kata Tintin.

Salah satu siswa SMK Al Wafa Muhammad Febyan Al-lathief yang mengikuti kegiatan PKM mengungkapkan materi yang disampaikan sangat beragam dan variatif, begitupun dengan cara penyampaiannya yang baik oleh para dosen. Ia pun mengaku tertarik untuk mendalami dan menambah wawasan mengenai ilmu biologi. Selain memberikan penyuluhan, prodi Biologi dan pihak SMK Al Wafa juga melakukan penanaman pohon bersama di sekitar sekolah dalam rangka mendorong penerapan sekolah hijau. (*DMS)

Baca Juga :   PPKM Bela Negara Angkatan I Unas-Kodam Jaya, 250 Mahasiswa Lolos Seleksi Ikuti Rapid Test
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!