Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Uji Emisi Gratis di UNAS

JAKARTA- Universitas Nasional bersama Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan uji emisi kendaraan gratis. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dan kampanye lingkungan, guna menjaga kualitas udara Jakarta.

Dalam kegiatan bertajuk “Uji Emisi Goes to Campus” Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Djafar Muchlisin menyampaikan bahwa uji emisi gratis akan diadakan di beberapa tempat. Universitas Nasional menjadi kampus pertama dilangsungkannya uji emisi gratis.

“Tahun 2019, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta mengadakan Uji Emisi goes to campus yang bekerjasama dengan univeristas-universitas di Jakarta. UNAS menjadi kampus pertama untuk melakukan uji emisi gratis,” Jelas Djafar dalam pembukaan acara, Rabu (20/2).

Djafar juga menjelaskan dalam pelaksanaan uji emisi kendaraan tersebut pihaknya mengerahkan lima unit alat uji emisi.

“Kami mengarahkan lima unit alat uji emisi. Tiga alat digunakan untuk menguji emisi kendaraan berbahan bakar bensin dan dua lainnya untuk solar,” ujarnya.

Menurutnya, adanya uji emisi ini bisa mengukur kualitas asap yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor dengan harapan bisa membantu mengurangi pencemaran lingkungan dan nantinya uji emisi ini merupakan syarat perpanjangan pajak kendaraan.

“Melakukan uji emisi kita mengukur tentang kualitas asap yang dihasilkann oleh kendaran agar terwujudnya pengendalian pencemaran udara, Kedepan kita akan menerapkan setiap kendaaran yang akan melakukan perpanjangan pajak harus memalui uji emisi, kalau dia lulus emisi maka bisa dipepanjang pajaknya,” sambungnya ketika diwawancari.

Demi mempermudah masyarakat dalam pengecekkan kendaraan, selain melakukan uji emisi, pemerintah DKI Jakarta juga turut mengenalkan sebuah aplikasi uji emisi berbasis android atau e-Uji Emisi.

“Selain uji emisi pemerintah DKI Jakarta juga telah membangun sebuah aplilaksi uji emisi berbasis android yang bisa membantu para pengendara motor dengan e-uji emisi,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Administrasi Umum UNAS, Drs. Ian Zulfikar, M.Si berharap kerjasama kedua instansi ini tidak hanya sebatas pelaksanaan Uji Emisi.

“Kami berharap kerjasama kita tidak hanya berhenti di uji emisi saja. Kami di UNAS telah juga menerapkan program Green to Campus, dimana UNAS telah memulai aksi Go Green dengan pemilihan sampah organik dan non-organik dan kedepannya akan menerapkan non sampah plastik. Kami berharap kerjasama dengan Dinas dapat mencakup hal-hal seperti ini,” tutup Ian. (*TIN)