Ciptakan Green Campus, Alumni FABIONA Akan Bangun Edu-Park

JAKARTA – Sebagai upaya dalam menciptakan lingkungan belajar yang ramah lingkungan, kondusif, sehat dan nyaman, Ikatan Alumni Fakultas Biologi Universitas Nasional (FABIONA) bergerak untuk membangun konsep Green Campus di lingkungan Universitas Nasional (UNAS), kampus Pejaten. Green Campus tersebut akan dibangun dalam bentuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang bernama “Edu-Park Universitas Nasional” dengan tema CoRE (Conservation, Recreation, Education).

Sesuai dengan tema, pembangunan Edu-Park tersebut  bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang memiliki fungsi ekologis, membangun sarana pendidikan bagi mahasiswa,  dan sebagai wadah rekreasi bagi civitas akademika UNAS. Tak hanya itu, pembangunan Edu-Park juga diyakini sebagai bentuk gerakan Go-Green dalam mengatasi pemanasan global.

“Konsepnya Edu-Park, yaitu taman edukasi karena taman ini akan dibangun di lingkungan pendidikan. Semoga saja Edu-Park ini nantinya dapat dijadikan tempat belajar bagi mahasiswa UNAS, karena memang selama ini mahasiswa lebih banyak belajar dan mengerjakan tugas di dalam kelas,” ujar Dekan Fakultas Biologi UNAS, Drs. Imran Said Lumban Tobing, M.Si. saat ditemui diruangannya, Jumat (27/07).

Ia berharap, dengan banyaknya tumbuhan disekitar tempat belajar akan menambah situasi pembelajaran menjadi lebih nyaman dan mengembangkan perilaku mahasiswa yang berwawasan lingkungan. “Selain untuk mahasiswa, Edu-Park juga diharapkan dapat mewadahi seluruh kegiatan luar yang ada di UNAS, menghijaukan dan membangun ruang sosialisasi civitas akademika UNAS, serta memperindah lingkungan UNAS,” imbuhnya.

Sementara itu, rencana pembangunan ini direspon baik oleh Rektor UNAS, Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. Ia mengatakan pembangunan Edu-Park merupakan gagasan yang bagus dan perlu untuk dibangun di Ibu Kota Jakarta yang gersang. “Saya sangat mendukung rencana mereka dan saya harap taman ini nantinya bisa juga dijadikan tempat pembelajaran anak-anak SMA disekitar Jakarta. Semoga tahun akademik 2019/2020 sudah bisa terealisasikan,” tuturnya.

Lebih lanjut, rencana pembangunan ini akan didiskusikan pada Oktober 2018 saat  diadakannya reuni alumni FABIONA. Pembukaan pembangunan Edu-Park akan ditandai dengan penanaman pohon pertama oleh Rektor UNAS.(*NIS)