Buat Karya Virtual Setu Babakan, Mahasiswi Sosiologi Unas Raih Juara I Tingkat Nasional

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (UNAS) – Keberhasilan suatu perguruan tinggi tentu tak lepas dari capaian prestasi mahasiswanya. Fildzah Nur Khairina, berhasil menambah daftar prestasi bagi Universitas Nasional. Ia berhasil meraih juara 1 pada perlombaan Virtual Guiding yang diselenggarakan oleh Hima D3 Pariwisata Universitas Airlangga.

Virtual guiding yang diikuti oleh Fildzah ini mengharuskan para peserta mengunggah video yang sedang memandu sebuah objek wisata. “Kalau videonya itu, kita seakan-akan kayak lagi mandu. Untuk video yang aku tampilkan di Setu Babakan. Kita dibebasin untuk ngambil dari sumber-sumber yang sudah ada di Youtube karena wisata belum buka. Nanti kita crop terus disertakan sumber videonya,” jelas Fildzah saat diwawancara oleh tim Humas UNAS, Kamis (21/10/2021).

Uniknya, lomba yang berkaitan dengan pariwisata ini diikuti oleh Fildzah sebagai mahasiswa dari program studi Sosiologi FISIP UNAS. Melalui perangkat telepon, Fildzah mengakui, mengikuti lomba ini untuk mengisi waktu luangnya selama libur semester kampus.

Mengikuti lomba bukan menjadi hal baru bagi Fildzah. Walaupun belum berhasil memperoleh juara, tidak membuat Fildzah menyerah. Bahkan kemampuan memandu sebuah objek wisata dan mengedit video merupakan hal yang ia pelajari secara otodidak.

“Kalau misalnya video itu awalnya gara-gara bantu tugas temen aku. Terus ga lama kemudian pelajaran statistik tugasnya membuat video tayangan di Youtube tentang materi yang ada dibuku statistika sosial. Dari situ aku pikir ‘udah pernah edit, kenapa aku ga coba, kali aja bisa’,” ungkapnya.

Sebelumnya, ia mengetahui informasi perlombaan tersebut dari aplikasi Sejuta Cita. Waktu yang dibutuhkan Fildzah untuk mengikuti lomba ini kurang lebih hanya dalam tiga hari. “ Ngambil materinya cuma satu hari terus ngedit (video) dua hari menjelang dealine,” ujar mahasiswi angkatan 2020 itu.

Kaprodi Sosiologi Universitas Nasional Adilita Pramanti, S.Sos., M.Si., mengungkapkan “ bahwa yang terpenting mahasiswa itu punya kemauan dulu untuk mengikuti ajang kompetisi, untuk  menang atau kalah itu bukan masalah”.

Dia pun juga mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Fildzah yang telah membawa nama harum Sosiologi Unas dalam ajang lomba ini, harapan yang besar pun dia berikan kepada mahasiswa Sosiologi lainnya agar mau untuk menentukan minatnya dalam mengikuti setiap lomba baik skala lokal, nasional atau internasional.

Langkah Fildzah ini merupakan cermin kreatif anak muda yang memiliki kepedulian yang besar untuk meningkatkan dunia pariwisata di masa pandemic covid 19, melalui dunia virtual.

Fildzah juga turut memotivasi kepada teman-teman mahasiswa lainnya untuk mampu mengembangkan kemampuan diri tidak hanya pada satu bidang. “Jangan fokus sama satu bidang aja. Mungkin kita kan gatau bidang apa yang kita bisa. Juga, kalau misalkan kita kalah ya coba lagi karena kita ga ada yang tau rejeki menang darimana,” pesan Fildzah. (*ARS)

Berita Terbaru
Chat with Us!